Program Transfer Kredit, Szent Istvan University

Keraguan tidak menghalangi Mochamad Aji Rahadian Laksana, mahasiswa Teknik Industri (TI) Itenas angkatan 2014 untuk mengejar kesempatan kuliah di luar negeri. Melalui program Transfer Kredit Luar Negeri yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ditjen Belmawa) ini Aji beserta dua orangmahasiswi lainnya berhasil meraih beasiswa untuk kuliah selama satu semester di Hungaria tepatnya di Szent Istvan University.

Program ini diawali dengan kerjasama antara Fakultas Teknik Industri (FTI) dengan Kantor Urusan Internasional (KUI) Itenas yang mengundang mahasiswa-mahasiswa berprestasi untuk berpartisipasi dalam program Transfer Kredit Luar Negeri Ditjen Belmawa ini. Program ini sendiri merupakan program pertukaran mahasiswa Indonesia untuk kuliah di universitas luar negeri.

Kesempatan ini tidak begitu saja diraih dengan mudah oleh para peserta. Aji beserta dua mahasiswi dari Jurusan Teknik Mesin lainnya yaitu Novita Sari dan Fortinov Akbar Irdam harus melalui proses seleksi terlebih dahulu. Tahapan seleksi terebut diantaranya adalah seleksi administrasi, tes TOEFL, dan terakhir adalah tahap interview oleh Dekan FTI dan Kepala KUI.

Aji sendiri merupakan mahasiswa tingkat akhir dengan prestasi akademik yang cukup membanggakan yaitu meraih IPK cum laude. Keikutsertaan Aji diiringi rasa ragu akibat harapannya untuk lulus 3,5 tahun bisa tertunda apabila lolos dalam seleksi program ini. Namun dengan semangat dan pertimbangan matang akhirnya Aji pun yakin dengan pilihannya untuk terus lanjut agar dapat memiliki pengalaman kuliah di luar negeri.


Hit Counter provided by costa mesa dentist
Visit Us On FacebookCheck Our FeedVisit Us On Instagram