Page 29 - iMagzEd05_2019
P. 29

MENYAPA INDONESIA

Desain Komunikasi
Visual Itenas di
KMDGI XIII Padang

KMDGI (Kriyasana Mahasiswa Desain Grafis Indonesia) adalah     edukasi cara baik mencerna informasi. Kampanye tersebut
forum untuk berkumpul, bertukar pikiran, berdiskusi, dan       menggunakan analogi memasak mi instan yang baik dan yang
mengapresiasi karya atau konsep kreatif antar mahasiswa        benar sebagai perumpamaan “memasak” informasi dengan
Desain Grafis dan Desain Komunikasi Visual se-Indonesia. Pada  baik dan benar. Penyampaian kampanye pun dibuat riang
tahun 2019 KMDGI ke-13 kembali digelar di Pulau Sumatera,      dengan rasa humor, sebab kampanye ini ditujukan untuk para
tepatnya di Universitas Negeri Padang sebagai tuan rumah.      remaja akhir (late adolescence).
Acara ini berlangsung pada tanggal 3-5 Oktober 2019 di
Auditorium Universitas Negeri Padang, dengan tema “OH          Kampanye InfoNih timbul dari permasalahan terhadap
IYA”, yaitu sebuah pemecahan masalah yang solutif seputar      penyebaran informasi secara massal di era digital seperti
kebenaran informasi yang hadir dalam masyarakat.               sekarang. Namun, informasi-informasi tersebut jarang
                                                               sekali yang menunjukkan nilai kepentingan dan juga nilai
Institut Teknologi Nasional Bandung hadir menjadi salah satu   kebenaran. Menurut survey yang dilakukan oleh Daily Social
dari 56 Kampus Delegasi yang berasal dari seluruh Indonesia.   ID menunjukkan bahwa 44,19% dari responden survey mereka
DKV Itenas berpartisipasi sebagai salah satu dari 46 Delegasi  tidak yakin akan kepandaiannya dalam mendeteksi berita hoax.
yang mengirimkan karyanya seputar pemecahan masalah            Kampanye ini mengajak remaja akhir untuk berpikir kritis secara
akan kebenaran informasi. Selain 46 karya tematik berupa       praktis, khususnya dalam mencerna sebuah informasi dengan
instalasi, terdapat juga karya simbiotik dan simbolik. Dalam   sepraktis memasak mi instan sebagai perumpamaannya, dapat
rangka membuat sebuah pemecahan masalah tersebut,              dilihat dalam akun instagram @kmdgi.itenas (www.instagram.
Ikatan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Itenas atau yang     com/kmdgi.itenas/). Kampanye ini meliputi 3 (tiga) tahapan
biasa disingkat IMADjI DKV melakukan perancangan sebuah        atau metode dalam berpikir kritis, yaitu:
kampanye bernama InfoNih, yaitu sebuah kampanye mengenai

                                                               29
   24   25   26   27   28   29   30   31   32   33   34