Page 29 - iMagzEd05_2019
P. 29
MENYAPA INDONESIA
Desain Komunikasi
Visual Itenas di
KMDGI XIII Padang
KMDGI (Kriyasana Mahasiswa Desain Grafis Indonesia) adalah edukasi cara baik mencerna informasi. Kampanye tersebut
forum untuk berkumpul, bertukar pikiran, berdiskusi, dan menggunakan analogi memasak mi instan yang baik dan yang
mengapresiasi karya atau konsep kreatif antar mahasiswa benar sebagai perumpamaan “memasak” informasi dengan
Desain Grafis dan Desain Komunikasi Visual se-Indonesia. Pada baik dan benar. Penyampaian kampanye pun dibuat riang
tahun 2019 KMDGI ke-13 kembali digelar di Pulau Sumatera, dengan rasa humor, sebab kampanye ini ditujukan untuk para
tepatnya di Universitas Negeri Padang sebagai tuan rumah. remaja akhir (late adolescence).
Acara ini berlangsung pada tanggal 3-5 Oktober 2019 di
Auditorium Universitas Negeri Padang, dengan tema “OH Kampanye InfoNih timbul dari permasalahan terhadap
IYA”, yaitu sebuah pemecahan masalah yang solutif seputar penyebaran informasi secara massal di era digital seperti
kebenaran informasi yang hadir dalam masyarakat. sekarang. Namun, informasi-informasi tersebut jarang
sekali yang menunjukkan nilai kepentingan dan juga nilai
Institut Teknologi Nasional Bandung hadir menjadi salah satu kebenaran. Menurut survey yang dilakukan oleh Daily Social
dari 56 Kampus Delegasi yang berasal dari seluruh Indonesia. ID menunjukkan bahwa 44,19% dari responden survey mereka
DKV Itenas berpartisipasi sebagai salah satu dari 46 Delegasi tidak yakin akan kepandaiannya dalam mendeteksi berita hoax.
yang mengirimkan karyanya seputar pemecahan masalah Kampanye ini mengajak remaja akhir untuk berpikir kritis secara
akan kebenaran informasi. Selain 46 karya tematik berupa praktis, khususnya dalam mencerna sebuah informasi dengan
instalasi, terdapat juga karya simbiotik dan simbolik. Dalam sepraktis memasak mi instan sebagai perumpamaannya, dapat
rangka membuat sebuah pemecahan masalah tersebut, dilihat dalam akun instagram @kmdgi.itenas (www.instagram.
Ikatan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Itenas atau yang com/kmdgi.itenas/). Kampanye ini meliputi 3 (tiga) tahapan
biasa disingkat IMADjI DKV melakukan perancangan sebuah atau metode dalam berpikir kritis, yaitu:
kampanye bernama InfoNih, yaitu sebuah kampanye mengenai
29