Page 6 - JABAR_20250609
P. 6

Leisure
                                                            Leisure
                                                            Leisure















                                                                                                      Halaman       10  SELASA, 26 MARET 2024

                                                                                                          Halaman 6  SENIN, 9 JUNI 2025
                                                                                                      Halaman 10  SELASA, 26 MARET 2024

















































          Berbagi Pengetahuan








          Menggali Potensi Desa











              AKULTAS Ilmu Pengetahu-     wilayahnya. Dasep, narasumber dari   galaksana, misalnya, memiliki potensi
              an Budaya (FIB) Universitas   Eptilu, memaparkan model bisnis dan   kearifan lokal upacara adat terkait
         F Indonesia kembali menggiatkan   sistem pangan berkelanjutan serta   panen aren. “Saya melihat potensi
         pengembangan UMKM lokal. Pada    pembuatan dan pengemasan produk.   yang ada di sekitar sangat luar biasa,
         Selasa, 13 Mei 2025, tiga tim peng-  Dasep menyampaikan pengalamannya   kearifan lokal, pertanian, dan produk
         abdian masyarakat, yang diketuai Dr   dalam mengembangkan model bisnis,   lokal lain, menjadi nilai tambah di
         Dwi Puspitorini, Dr Munawar Holil,   mulai proses praproduksi sampai pe-  bidang ekonomi,” kata Dasep.
         dan Dr Sonya P Suganda mengadakan   masaran produk.                 Potensi desa tersebut, kata Dasep,
         pelatihan dan sesi berbagi pengetahu-  Pelaku UMKM antusias mengikuti   bisa dikembangkan menjadi suatu
         an di Desa Margalaksana, Sumedang,   kegiatan Berbagi Pengetahuan ter-  ritual dan sekaligus festival yang mam-
         Jawa Barat.                      sebut. Mereka aktif bertanya kepada  pu memberi daya tarik bagi wisatawan,
           Melalui kegiatan pengabdian ma-  narasumber. Siti, pelaku UMKM   yang pada gilirannya akan memajukan
         syarakat yang bertajuk Sesi Berbagi   dari Desa Margamekar, bertanya   roda perekonomian desa.
         Pengetahuan: Model Bisnis dan Sistem   tentang pengemasan produk kuliner   Kegiatan Berbagi Pengetahuan oleh
         Pangan Berkelanjutan, para pelaku   keripik buah-buahan dan pema-  FIB UI dan Eptilu tersebut mem-
         UMKM di Desa Margamekar, Mar-    sarannya. Siti disarankan mencoba   berikan pemahaman baru kepada
         galaksana, dan Cijeruk Kabupaten   berbagai model dan jenis pengemas-  para pelaku UMKM di beberapa
         Sumedang, Jawa Barat, diberi penga-  an sesuai kebutuhan pasar, misal-  desa di Sumedang. Hal tersebut
         rahan terkait pengembangan UMKM di   nya pemasaran untuk masyarakat   misalnya dikatakan Kepala Desa
         mulai dari proses produksi, pengemas-  sekitar akan lebih efektif dengan   Margamekar Elin Herlina. “Kegiatan
         an, hingga pemasaran.            pengemasan biasa menggunakan     Berbagi Pengetahun sangat berarti
           Pada kegiatan tersebut, FIB UI   plastik makanan, sedangkan untuk   bagi desa kami, terutama pengem-
         berkolaborasi dengan Eptilu, koperasi   wisatawan dipakai model pengemas-  bangan kelompok masyarakat terkait
         yang bergerak di bidang agrowisata   an sekunder seperti karton, tas, dan  pertanian,” ujar Elin. Elin berharap
         dan kuliner dari wilayah Garut. Kegiat-  model lainnya.           apa yang dilakukan FIB Universitas
         an tersebut menjadi ajang bagi pelaku   Selain pembahasan tentang model   Indonesia memberikan pengetahuan
         UMKM untuk belajar pengetahuan   bisnis dan sistem pangan, narasumber   baru bagi pelaku UMKM dan berdam-
         baru sekaligus berbagi pengalaman   juga memaparkan potensi desa yang   pak pada peningkatan kesejahteraan
         dalam menjalankan bisnis kuliner di   berasal dari kearifan lokal. Desa Mar-  masyarakat.(*/daf)
                                                                                                                                                                    FOTO-FOTO  ISTIMEWA


















































                            KONTEN MATERI IKLAN SEPENUHNYA MENJADI TANGGUNG JAWAB PEMASANG IKLAN
   1   2   3   4   5   6   7   8   9   10   11