Page 6 - JABAR_20250609
P. 6
Leisure
Leisure
Leisure
Halaman 10 SELASA, 26 MARET 2024
Halaman 6 SENIN, 9 JUNI 2025
Halaman 10 SELASA, 26 MARET 2024
Berbagi Pengetahuan
Menggali Potensi Desa
AKULTAS Ilmu Pengetahu- wilayahnya. Dasep, narasumber dari galaksana, misalnya, memiliki potensi
an Budaya (FIB) Universitas Eptilu, memaparkan model bisnis dan kearifan lokal upacara adat terkait
F Indonesia kembali menggiatkan sistem pangan berkelanjutan serta panen aren. “Saya melihat potensi
pengembangan UMKM lokal. Pada pembuatan dan pengemasan produk. yang ada di sekitar sangat luar biasa,
Selasa, 13 Mei 2025, tiga tim peng- Dasep menyampaikan pengalamannya kearifan lokal, pertanian, dan produk
abdian masyarakat, yang diketuai Dr dalam mengembangkan model bisnis, lokal lain, menjadi nilai tambah di
Dwi Puspitorini, Dr Munawar Holil, mulai proses praproduksi sampai pe- bidang ekonomi,” kata Dasep.
dan Dr Sonya P Suganda mengadakan masaran produk. Potensi desa tersebut, kata Dasep,
pelatihan dan sesi berbagi pengetahu- Pelaku UMKM antusias mengikuti bisa dikembangkan menjadi suatu
an di Desa Margalaksana, Sumedang, kegiatan Berbagi Pengetahuan ter- ritual dan sekaligus festival yang mam-
Jawa Barat. sebut. Mereka aktif bertanya kepada pu memberi daya tarik bagi wisatawan,
Melalui kegiatan pengabdian ma- narasumber. Siti, pelaku UMKM yang pada gilirannya akan memajukan
syarakat yang bertajuk Sesi Berbagi dari Desa Margamekar, bertanya roda perekonomian desa.
Pengetahuan: Model Bisnis dan Sistem tentang pengemasan produk kuliner Kegiatan Berbagi Pengetahuan oleh
Pangan Berkelanjutan, para pelaku keripik buah-buahan dan pema- FIB UI dan Eptilu tersebut mem-
UMKM di Desa Margamekar, Mar- sarannya. Siti disarankan mencoba berikan pemahaman baru kepada
galaksana, dan Cijeruk Kabupaten berbagai model dan jenis pengemas- para pelaku UMKM di beberapa
Sumedang, Jawa Barat, diberi penga- an sesuai kebutuhan pasar, misal- desa di Sumedang. Hal tersebut
rahan terkait pengembangan UMKM di nya pemasaran untuk masyarakat misalnya dikatakan Kepala Desa
mulai dari proses produksi, pengemas- sekitar akan lebih efektif dengan Margamekar Elin Herlina. “Kegiatan
an, hingga pemasaran. pengemasan biasa menggunakan Berbagi Pengetahun sangat berarti
Pada kegiatan tersebut, FIB UI plastik makanan, sedangkan untuk bagi desa kami, terutama pengem-
berkolaborasi dengan Eptilu, koperasi wisatawan dipakai model pengemas- bangan kelompok masyarakat terkait
yang bergerak di bidang agrowisata an sekunder seperti karton, tas, dan pertanian,” ujar Elin. Elin berharap
dan kuliner dari wilayah Garut. Kegiat- model lainnya. apa yang dilakukan FIB Universitas
an tersebut menjadi ajang bagi pelaku Selain pembahasan tentang model Indonesia memberikan pengetahuan
UMKM untuk belajar pengetahuan bisnis dan sistem pangan, narasumber baru bagi pelaku UMKM dan berdam-
baru sekaligus berbagi pengalaman juga memaparkan potensi desa yang pak pada peningkatan kesejahteraan
dalam menjalankan bisnis kuliner di berasal dari kearifan lokal. Desa Mar- masyarakat.(*/daf)
FOTO-FOTO ISTIMEWA
KONTEN MATERI IKLAN SEPENUHNYA MENJADI TANGGUNG JAWAB PEMASANG IKLAN