Page 6 - JABAR_20250614
P. 6

Leisure
















                                                                                                         Halaman
                                                                                                         Halaman 6  SABTU, 14 JUNI 2025


                                                                                                                            DARI
                                                                                                                            DARI







                                                                                                                  LIMBAH
                                                                                                                  LIMBAH







                                                                                                                               JADI
                                                                                                                               JADI







                                                                                                                           CUAN
                                                                                                                           CUAN












                                                                                          NDUSTRI fesyen lokal dan pelaku UMKM te-  Rp100.000 dan bisa terjual hingga 200 unit per
                                                                                          ngah menghadapi tantangan besar. Bukan ha-  minggu.
                                                                                          nya karena tekanan ekonomi global, tetapi juga   “Charm ini gantungan kunci dari limbah kayu dan
                                                                                     I karena pergeseran pola konsumsi masyarakat.  kulit. Fungsinya pemanis saja, lucu-lucuan. Tapi
                                                                                       Namun di tengah kondisi yang tidak ideal itu, Pala   ternyata antusiasmenya tinggi,” ujarnya.
                                                                                      Nusantara justru menunjukkan bagaimana adap-  Lebih dari sekadar bertahan, Pala Charm mem-
                                                                                      tasi, inovasi, dan keberlanjutan bisa menjadi strategi   buka peluang baru. Sebuah brand legendaris asal
                                                                                      bertahan.                                   Jepang bahkan disebut tertarik memesan hingga
                                                                                       “Industri sekarang sedang tidak baik-baik saja.   1.000 unit per bulan untuk peluncuran produk
                                                                                      Banyak yang kena layoff, tapi banyak juga yang   global mereka.
                                                                                      justru bikin brand baru.                                         “Saya belum bisa sebut
                                                                                      Termasuk kami di Pala                                           nama, tapi ini jadi bukti,
                                                                                      yang berdiri sejak 2015,                                        produk kecil pun bisa
                                                                                      sekarang mode-nya bukan                                         punya dampak besar,”
                                                                                      growth lagi, tapi survival,”                                    ujarnya.
                                                                                      ujar Ilham Pinastiko, Foun-                                      Langkah ini memperkuat
                                                                                      der Pala Nusantara Rabu                                         posisi Pala sebagai brand
                                                                                      (11/6).                                                         lokal yang mulai memanen
                                                                                       Pala dikenal sebagai pro-                                      hasil dari inisiatif keber-
                                                                                      dusen jam tangan berba-                                         lanjutan yang telah mereka
                                                                                      han kayu dengan sentuhan                                        tanam sejak tahun lalu.
                                                                                      lokal. Namun sejak 2024,                                         Pala juga terus menjajaki
                                                                                      tren mulai bergeser. Produk                                     narasi keberlanjutan dalam
                                                                                      jam tangan yang meru-                                           lini jam tangan. Salah
                                                                                      pakan kebutuhan tersier                                         satunya Pala Merah Muda,
                                                                                      mulai melambat penjual-                                         yaitu produk jam dengan
                                                                                      annya.                                                          warna merah muda hasil
                                                                                       “Dulu produksi bisa                                            olahan tutup botol plas-
                                                                                      2.800 unit per bulan, se-                                       tik. Meski menggunakan
                                                                                      karang hanya 1.000-1.200.                                       material daur ulang, Ilham
                                                                                      Kapasitas produksi pun                                          mengatakan harga nya
                                                                                      ikut menyesuaikan,” kata                                        tetap premium Rp799.000.
                                                                                      Ilham.                                       “Baru launching dua hari, sudah keluar 60 unit.
                                                                                       Meski demikian, Pala tak tinggal diam. Mereka   Saya belum analisis lebih jauh, tapi tampaknya
                                                                                      memperluas lini produk dengan menghadirkan   narasi SDGs dengan tujuan pembangunan berkelan-
                                                                                      apparel berbahan linen gaya pangsi yang dirancang   jutan sudah mulai diterima pasar,” ujarnya.
                                                                                      untuk pasar kantoran.                        Ilham mengatakan saat ini, Pala masih fokus me-
                                                                                       Dalam seminggu, lini ini mampu terjual 50-60   layani pasar lokal. Penjualan terbesar masih datang
                                                                                      produk. Tapi yang paling mengejutkan datang dari   dari kanal e-commerce, sekitar 85 persen. (Putri
                                                                                      lini terbaru, Pala Charm. Produk ini dibanderol   Puspita)







































































                            KONTEN MATERI IKLAN SEPENUHNYA MENJADI TANGGUNG JAWAB PEMASANG IKLAN
   1   2   3   4   5   6   7   8   9   10   11