Page 11 - SOP Pelayanan Perpustakaan
P. 11
1. TUJUAN
Tujuan Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagai acuan dalam proses layanan
Pengembalian Pinjaman bahan pustaka/buku oleh pemustaka di lingkungan Institut
Teknologi Nasional, sehingga pelaksanaan kegiatan layanan pengembalian pinjaman
bahan pustaka dapat berjalan secara efektif dan efisien.
2. STANDAR LAYANAN PENGEMBALIAN BAHAN PUSTAKA
Pernyataan standar untuk layanan pengembalian bahan pustaka adalah:
1. Anggota perpustakaan adalah semua civitas akademika Institut Teknologi Nasional
Bandung sebagai anggota perpustakaan. Mahasiswa dengan NIM yang aktif secara
langsung telah menjadi anggota perpustakaan, dimana Kartu Tanda Mahasiswa yang
dimiliki berfungsi sebagai Kartu Anggota Perpustakaan.
2. Pemustaka jika terlambat dikenakan denda sebesar Rp. 500,-/hari kerja;
3. Layanan pengembalian bahan pustaka dapat dilaksanakan paling lama 7 (tujuh)
menit untuk semua kegiatan.
3. PROSEDUR LAYANAN PENGEMBALIAN BAHAN PUSTAKA
Uraian standar untuk layanan pengembalian bahan pustaka adalah:
1. Pemustaka menyerahkan kartu tanda mahasiswa dan bahan pustaka dari
pemustaka;
2. Petugas melakukan verifikasi pengembalian bahan pustaka;
3. Petugas melakukan aktivitas pengembalian bahan pustaka, apabila ada
keterlambatan maka pemustaka dikenakan denda sesuai tertera di sistem;
4. Petugas mengaktifkan kembali security tape dan shelving bahan pustaka.
4. BAGAN ALIR
Bagan alir untuk layanan pengembalian bahan pustaka adalah:
2