Memperkenalkan Konstektual Proyek pada Pelaksanaan Studio Perancangan Arsitektur Tingkat Lanjut
Salah satu upaya peningkatan kualitas pendidikan pada program studi Arsitektur adalah dengan merencanakan dan mempersiapkan ” metoda pembelajaran ” yang tepat. Untuk program studi Arsitektur, dapat direncanakan bentuk metoda pembelajaran yang dinilai tepat (sesuai) dengan tuntutan kompetensi bagi para siswa maupun dengan memperhatikan ruang lingkup dan tautan profesi. Karena itu metoda pembelajaran ” berbasis studio” sudah merupakan salah satu jawaban yang dinilai tepat (sesuai) untuk program studi Arsitektur.
Persoalan lanjutan, bagaimana kita mengisi dan mewarnai metoda pembelajaran berbasis ” studio ” tersebut dikaitkan dengan aspek kontekstualitas yang dimiliki oleh pekerjaan dan profesi bidang arsitektur. Terdapat berbagai macam aspek kontekstualitas terhadap: manusia dan budaya, tapak dan lingkungan alam, sosial-ekonomi hingga teknis-teknologis.
Dalam makalah ini dibahas bagaimana memperkenalkan ” kontekstualitas proyek ” (project contextuality) kepada para peserta studio perancangan arsitektur tingkat lanjut (tahun k2-4) pada program studi S1 (Teknik) Arsitektur. Selain itu juga dibahas tahap-tahap pelaksanaan studio perancangan arsitektur yang lekat dengan permasalahan kontekstualitas proyek bidang arsitektur yang mesti dipahami oleh para peserta di studio.
Dibuat oleh : Mamiek Nur Utami, Ir., M.M. (mam@itenas.ac.id)
Keyword : metoda pembelajaran “Studio”‘ kontekstualitas proyek dan pelaksanaan studio.
Keterangan : Proceeding Seminar Nasional Pendidikan Arsitektur, ” Kurikulum Pendidikan Arsitektur Menghadapi Masa Depan ” – UNS Solo, 15 Juli 2009. ISBN 978-602-95156-0-2
Memperkenalkan Konstektual Proyek pada Pelaksanaan Studio Perancangan Arsitektur Tingkat Lanjut