Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Karakteristik Akustik Papan Komposit Serat Sabut Kelapa Bermatrik Keramik

ABSTRAK

Serat sabut kelapa adalah salah satu limbah yang belum dimanfaatkan secara maksimal di Indonesia, sedangkan panen kelapa setiap tahunnya cukup besar. Sebagai bentuk konservasi lingkungan, dapat diwujudkan dengan penggunaan material yang berasal dari serat alam ini, yaitu  menjadikan sabut kelapa sebagai serat dari  papan komposit, di harapkan dapat menjadi material inovasi baru dalam teknologi papan.

Serat merupakan bagian yang paling utama dalam hal menahan beban, oleh karena itu komposit sangat kuat dan kaku bila dibebani searah serat. Sedangkan matriks berfungsi untuk mengikat serat. Bahan matriks biasanya dipilih dari bahan yang ulet agar mampu meneruskan tegangan geser. Namun dalam penelitian ini dikembangkan komposit berserat serat alam dengan matrik yang relatif bersifat getas seperti keramik yaitu semen dan gibsum.

Penelitian sebelumya telah didapatkan karakteristik papan serat kelapa bermatrik semen dan gibsum ini, seperti massa jenis, kekuatan bending, pengaruh dimensi terhadap rendaman air dan metoda pemotongan yang tepat. Namun untuk memperkaya penggunaannya perlu dilakukan penelitian lanjut seperti karakteristik akustik, yaitu pengaturan akustik dalam ruangan, dimana dindingnya terbuat dari papan serat sabut kelapa, sehingga diperoleh nilai koefisien absorbsi dan nilai transmision loss, untuk mengetahui seberapa besar pengurangan suara yang dapat serap oleh komposit papan serat sabut kelapa ini.

Dari Hasil analisa didapatkan parameter yang berpengaruh terhadap penyerapan suara, seperti perbandingan campuran serat dan matrik, kerapatan dan kehomogenan campuran. Dari dua matrik semen dan gibsum dapat disimpulkan bahwa papan bermatrik semen memiliki nilai absorpsi yang sangat rendah artinya tidak baik digunakan sebagai dinding untuk penyerapan suara, tetapi papan bermatrik gibsum lebih baik digunakan sebagai dinding pada suatu ruangan yang membutuhkan absorbsi besar pada frekuensi tinggi.

Dibuat Oleh :

Yusril Irwan
Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri
Institut Teknologi Nasional
Jl. PKH. Mustapa. No.23, Bandung 40124
e-mail : yusril@itenas.ac.id.

Kata kunci: serat sabuk kelapa, semen, gibsum, akustik
Keterangan :

Karakteristik Akustik Papan Komposit Serat Sabut Kelapa Bermatrik Keramik