Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Pengembangan Serat Sabut Kelapa Untuk Pembuatan Papan Dengan Berbagai Jenis Matrik : Semen, Gipsum Dan Tanah Liat

ABSTRAK

Kepedulian terhadap lingkungan dapat diwujudkan dengan penggunaan material yang berasal dari serat alam sebagai bentuk konservasi energi dan perlindungan lingkungan. Salah satu teknologinya adalah dengan pembuatan papan semen berserat. Serat yang di gunakan diarahkan kepada penggunaan serat alam (natural fiber) yang berasal dari limbah pertanian. Berbeda dengan serat sintetik yang ketersediaannya sangat terbatas dan tidak dapat diperbaharui (non renewable), sedangkan serat alam memiliki ketersediaan yang sangat banyak dan melimpah yang sebagian besar dapat didaur ulang. Dengan alasan di atas maka perlu dikembangkan memanfaatkan limbah sabut kelapa yang akan diambil sebagai seratnya. Pemanfaatan serat sabut kelapa tersebut di antaranya dapat digunakan dalam pembuatan papan berserat dengan matrik yang pada dasarnya bersifat getas dan mudah pecah. Di harapkan dengan keberadaan serat tersebut sifat getas dari bahan dasar(matrik) tersebut dapat di atasi.

Serat sabut kelapa di campur dengan perbandingan tertentu terhadap tiga  jenis matrik yaitu semen, gipsum dan tanah liat. Kemudian papan di bentuk dengan  metoda pengepresan dan pengeringan.

Dari hasil pengujian lengkung, keberadaan serat sabut kelapa dapat meningkatkan ketangguhan dari papan.  dan pengujian juga di lakukan dengan membandingkan massa jenis, persentase penyerapan air dan perubahan ketebalan akibat perendaman. Diharapkan hasil dari penelitian ini  dapat menjadi teknologi terbarukan dalam dunia per papanan yang memanfaatkan limbah.

Dibuat Oleh :

Yusril Irwan
Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri
Institut Teknologi Nasional
Jl. PKH. Mustapa. No.23, Bandung 40124
e-mail : yusril@itenas.ac.id.

Key Words   : serat sabut kelapa, matrik (semen, gipsum, tanah liat),  papan
Keterangan :

Pengembangan Serat Sabut Kelapa Untuk Pembuatan Papan