Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

APLIKASI PEMBELAJARAN RANGKAIAN KOMBINASIONAL DENGAN MENGGUNAKAN SKENARIO MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL TIMELINE T

ABSTRAK

Berdasarkan penelitian, nilai yang didapat untuk mata kuliah Rangkaian Logika khususnya untuk Rangkaian Kombinasional (nilai ujian tengah semester) pada semester genap dalam kurun waktu tiga tahun terakhir didapat jumlah mahasiswa yang mendapat nilai tidak memuaskan pada tahun 2009/2010 sebesar 48,6 % , pada tahun 2010/2011 sebesar 58,9% dan pada tahun 2011/2012 sebesar 8,7 % .Untuk itu diperlukan cara yang dapat membantu dalam mengurangi kendala tersebut salah satu cara yang digunakan dengan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif. Menurut Achsin (1986:17-18) menyatakan bahwa tujuan penggunaan media pembelajaran adalah untuk mempermudah bagi guru/pendidik dalam menyampaikan informasi materi kepada anak didik, untuk mempermudah bagi anak didik dalam menyerap atau menerima serta memahami materi yang telah disampaikan oleh guru/pendidik Dalam pembangunan Multimedia pembelajaran interaktif skenario yang digunakan yaitu skenario Timeline Tree. Penerapan skenario ini dilakukan dengan membuat sebuah multimedia yang menggambarkan media-media yang digunakan. Berdasarkan hasil pengujian bahwa aplikasi yang dibuat ini dapat digunakan untuk membantu proses belajar mengajar.

Dibuat oleh : Youllia Indrawaty, Lisa Kristiana, Santana Nugraha

E-mail: youllia@itenas.ac.id,  lisa@itenas.ac.id

Kata Kunci : rangkaian kombinasional, multimedia interaktif, model Timeline Tree

Keterangan :  Makalah ini  dimuat pada Jurnal Informatika Itenas, No.2 , Vol. 3, Mei – Agustus 2012

APLIKASI PEMBELAJARAN RANGKAIAN KOMBINASIONAL DENGAN MENGGUNAKAN SKENARIO MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL TIMELINE TREE