Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

IDENTIFIKASI VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI MINAT KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK HANDPHONE SAMSUNG DENGAN MENGGUNAKAN STRUCTURAL EQUATION MODELING

ABSTRAK

Samsung merupakan salah satu perusahaan handphone kelas dunia. Salah satu produknya, tipe Galaxy S, banyak diminati konsumen dan memiliki tingkat penjualan yang tinggi. Persaingan yang ketat membuat Samsung harus selalu melakukan inovasi terhadap hanphone tipe Galaxy S. Samsung berharap produk baru hasil inovasi tersebut tetap diminati konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi variabel-variabel apa saja yang mempengaruhi minat konsumen terhadap produk handphone Samsung tipe Galaxy S. Identifikasi variabel tersebut dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling. Alat ukur yang digunakan berupa kuesioner untuk mengukur level bauran pemasaran, level pengaruh sosial, level pengalaman konsumsi, dan level minat konsumen. Responden terdiri dari 120 orang yang dipilih dengan cara purposive sampling di tempat penjualan handphone dan kampus. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa minat konsumen dipengaruhi secara positif oleh variabel produk, promosi, lokasi, bukti fisik, pengaruh sosial, dan pengalaman konsumsi, dan dipengaruhi secara negatif oleh variabel harga, orang, proses, dan customer service.

Dibuat oleh : Hendang Setyo Rukmi, Hari Adianto, Martin
e-mail: hendang_setyo@yahoo.com
Kata kunci: minat konsumen, bauran pemasaran, pengaruh sosial, pengalaman konsumsi,  Structural Equation Modeling,
Keterangan : Seminar Nasional Mesin Dan Industri (SNMI8) 2013 Riset Multidisiplin Untuk Menunjang Pengembangan Industri Nasional Jakarta, 14 November 2013

IDENTIFIKASI VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI MINAT KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK HANDPHONE SAMSUNG DENGAN MENGGUNAKAN STRUCTURAL EQUATION MODELING