Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

PERANCANGAN MASKOT SEBAGAI CINDERAMATA DALAM UPAYA “BRANDING” ITENAS

ABSTRAK

Sebuah perusahaan/lembaga yang memberikan layanan berhubungan dengan publik akan selalu dan pasti diketahui dan dikenal keberadaannya. Hal ini akan semakin berpengaruh terhadap kualitas  dan kepercayaan public, sehingga seharusnya lembaga tersebut memiliki pola dan strategi untuk menjaga dan mempertahankan kualitas dan reputasinya. Tujuannya adalah untuk mendatangkan sebanyak mungkin konsumen sehingga perusahaan tersebut akan semakin maju. Salah satu bentuk strategi menjaga kualitas dan mempertahankan reputasi agar nama perusahaan tersebut tetap diingat dan bahkan memberikan nilai positif berupa rasa ikut memiliki (sense of belonging) adalah dengan dibuatnya Maskot atau cinderamata berupa Gimmick dari perusahaan bagi konsumen. Hal ini menjadikan konsumen merasa diperhatikan dan ikut memiliki brand perusahaan tersebut. Dampak positif lainnya asemakin dikenalnya lembaga tersebut di masyarakat melalui produk yang dimiliki dan digunakan oleh konsumen dan terlihat oleh masyarakat. Gimmick tersebut memiliki syarata-syarat tertentu agar berhasil mencapai tujuannya sehingga perlu didesain khusus secara serius. Jika perusahaan tersebut merupakan lembaga pendidikan tinggi selayaknya ITENAS maka stake holdersnya antara lain adalah civitas academica dan masyarakat. Sehingga produk-produk yang sesuailah yang seharusnya didesain dan diproduksi ITENAS bagi para civitas academika berupa apparel (Tas,Pakaian),Alat tulis. Hal inilah yang belum diperhatikan oleh ITENAS secara serius.

Dibuat Oleh : Agus Rahmat Mulyana, M.Ds., M. Djalu Djatmiko M.Ds., Ramlan, Drs.
Kata Kunci : Desain Brand, Identitas Lembaga ITENAS, Stakeholders

PERANCANGAN MASKOT SEBAGAI CINDERAMATA DALAM UPAYA “BRANDING” ITENAS