Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

PENGEMBANGAN DESAIN PRODUK KULIT DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK CETAK SEBAGAI USAHA DIVERSIFIKASI PRODUK DI INDUSTRI KECIL‐MENENGAH ALAS KAKI

ABSTRAK

Pada umumnya industri kecil‐menengah seringkali mengabaikan usaha‐usaha pengembangan produk yang berawal dari menggalian nilai‐nilai inovasi/ kebaruan. Pengembangan produk yang berbasis pada kreativitas dan penemuan unsur‐unsur kebaruan sulit dilakukan oleh para pelaku usaha kecil dan menengah tersebut karena bentuk kegiatan yang mereka lakukan umum berupa kegiatan produksi, yang mengutamakan faktor efektifitas kerja dan efisiensi proses dalam menentukan nilai produk yang dihasilkannya. Hal tersebut kemudian membuat industri tidak lagi memperhatikan bentuk usaha lain untuk menghasilkan produk yang memiliki daya jual lebih tinggi melalui usaha‐usaha kreatif agar mendapatkan unsur inovatif pada produk sebagai dasar pengembangannya. Selain itu keengganan melakukan pengembangan produk‐produk baru melalui usaha eksperimentasi seringkali dihindari karena usaha tersebut akan menuntut tenaga dan investasi yang dinilai besar. Akibatnya produk baru yang mereka produksi umumnya akan berasal dari (1) adanya pesanan dari konsumen tertentu, (2) menduplikasi produk yang sedang tren, atau (3) memodifikasi produk sejenis yang sedang laku (istilah populernya “ATM”‐ amati, tiru dan modifikasi. Pada penelitian ini dilakukan pengembangan produk baru yang dapat dilakukan oleh industri kecil, dengan berbasis pada penggalian nilai‐nilai kebaruan melalui pengamatan terhadap kemampuan proses produksi industri tanpa harus menuntut investasi yang cukup besar.

Dibuat Oleh : Mohamad Arif  W.

PENGEMBANGAN DESAIN PRODUK KULIT DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK CETAK SEBAGAI USAHA DIVERSIFIKASI PRODUK DI INDUSTRI KECIL‐MENENGAH ALAS KAKI