Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

PERANCANGAN MEDIA ACTION FIGURE UNTUK REPRESENTASI BUDAYA STUDI KASUS: ARTEFAK VERNAKULAR SUNDA

ABSTRAK

Penelitian ini berangkat dari fenomena action figure sebagai mainan unik masyarakat modern. Action figure adalah mainan berkarakter yang berpose, terbuat dari plastik atau material lainnya, dan desain karakternya sering diambil berdasarkan film, buku komik, video game atau acara televisi. Action figure pada umumnya dipasarkan untuk mainan anak laki-laki dan kolektor pria dewasa.
Action figure sangat terkenal di kalangan anak lelaki karena selalu melambangkan sifat-sifat maskulin. Pada awalnya action figure dibuat hanya untuk pasaran anak-anak, kemudian berkembang menjadi suatu barang koleksi bagi para kolektor dewasa, dan telah diproduksi secara khusus untuk orang dewasa.
Dalam penelitian ini dikaji keberadaan action figure Sunda di Bandung, yang ditengarai memiliki desain yang beragam dan unik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan perkembangan action figure khas Sunda, melalui upaya identifikasi karakteristik action figure Sunda sebagai objek analisis. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis visual terhadap karakter bentuk yang merepresentasikan budaya Sunda.

Dibuat oleh : Edi Setiadi Putra
E-mail: edsetia@itenas.ac.
Kata kunci :  action figure, desain produk, sunda

Keterangan : Karya Ilmiah ini  merupakan Laporan Penelitian, 2010

PERANCANGAN MEDIA ACTION FIGURE UNTUK REPRESENTASI BUDAYA STUDI KASUS: ARTEFAK VERNAKULAR  SUNDA_1

PERANCANGAN MEDIA ACTION FIGURE UNTUK REPRESENTASI BUDAYA STUDI KASUS: ARTEFAK VERNAKULAR  SUNDA_2

PERANCANGAN MEDIA ACTION FIGURE UNTUK REPRESENTASI BUDAYA STUDI KASUS: ARTEFAK VERNAKULAR  SUNDA_3