Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

PENGUKURAN KINERJA FAKULTAS DI PERGURUAN TINGGI “X” MENGGUNAKAN PENDEKATAN MALCOLM BALDRIGE CRITERIA FOR PERFORMANCE EXCELLENCE (EDUCATION CRITERIA)

ABSTRAK

Dalam penelitian ini akan dilakukan pengukuran kinerja yang terintegrasi terhadap tiga fakultas di Perguruan Tinggi “X” untuk mengetahui sejauh mana tingkat kinerja fakultas dalam melayani mahasiswa serta kesiapan fakultas dalam menghadapi persaingan dengan perguruan tinggi swasta lainnya. Saat ini pengukuran kinerja di Perguruan Tinggi “X” masih bersifat parsial dan belum terintegrasi, dan belum dikaitkan dengan pencapaian rencana strategis dari institusi. Metoda yang dipilih adalah Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE) Education Criteria karena pendekatannya komprehensif pada sistem kerja organisasi. MBCfPE Education Criteria dibangun berdasarkan 11 nilai inti dan konsep yang diintegrasikan ke dalam 7 kategori yaitu: kepemimpinan , perencanaan strategis, fokus pada mahasiswa, stakeholder, dan pasar (student, stakeholder, and market focus), pengukuran, analisis, dan manajemen pengetahuan
(measurement, analysis, and knowledge management), fokus pada dosen dan staf (faculty and staff focus), proses manajemen, dan hasil kinerja organisasi. Penelitian ini tidak menggunakan MBCfPE secara utuh dalam melakukan scoring karena keterbatasan referensi yang ada, tetapi dengan menggunakan adaptasi sistem penilaian yang diharapkan tidak terlalu berbeda dengan MBCfPE. Pada tahap awal penelitian dilakukan identifikasi masalah dan penentuan metode yang digunakan dalam penelitian. Tahap berikutnya adalah pengumpulkan data profil organisasi untuk mendapat gambaran secara global tentang keadaan organisasi. Alat ukur yang dirancang berupa kuesioner yang merupakan adaptasi dari aplikasi original Malcolm Baldrige Education Criteria. Hasil kuesioner tersebut menjadi deskripsi kebutuhan informasi. Nilai keseluruhan yang diperoleh masing-masing fakultas berdasarkan penilaian tiap kategori dan sub kategori berdasarkan deskripsi yang dibuat akan menjadi dasar penentuan level kinerja berdasarkan Scoring Descriptor Malcolm Baldrige. Hasil dari penelitian ini adalah perkiraan tingkat kinerja berdasarkan MBCfPE Education Criteria dan usulan perbaikan untuk meningkatkan kinerja fakultas. Nilai yang diperoleh tiga fakultas dari perguruan tinggi “X” adalah berkisar antara 264 – 276,5 sehingga masih berada pada level 1 (range 0- 275) dari 8 level menurut Scoring Descriptor Malcolm Baldrige. Tiga kategori yang memperoleh nilai persentase terendah yaitu: kategori fokus pada mahasiswa, stakeholder, dan pasar, kategori fokus pada dosen dan staf, dan efektifitas organisasi. Prioritas perbaikan dapat dilakukan pada kategori yang memperoleh nilai persentase terendah.

Dibuat oleh : Sugih Arijanto, MM., s_arijanto@itenas.ac.id Ambar Rukmi Harsono, MT., ambarht@itenas.ac.id.

PENGUKURAN KINERJA FAKULTAS DI PERGURUAN TINGGI “X” MENGGUNAKAN PENDEKATAN MALCOLM BALDRIGE CRITERIA FOR PERFORMANCE EXCELLENCE (EDUCATION CRITERIA)