Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Pengurangan Kerugian Penjualan Produk Kerudung Instan dengan Melakukan Perbaikan Kualitas Menggunakan Metode Six Sigma

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi kerugian yang terjadi karena adanya produk cacat pada pembuatan kerudung instan di CV X. Metode Six Sigma dipakai untuk mencari solusi dan memperbaiki kualitas proses produk agar jumlah produk jadi yang cacat atau reject dapat dikurangi, sehingga dapat mengurangi jumlah kerugian pada penjualan kerudung instan. Berdasarkan perhitungan terhadap data produk cacat , diketahui bahwa jenis cacat garis pada kain merupakan jenis cacat dengan jumlah tertinggi. Dua alat analisa, yaitu Interrelationship digraph digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penyebab timbulnya cacat garis pada produk jadi, sedangkan diagram pohon digunakan untuk menentukan usulan perbaikan atas berbagai faktor yang menjadi penyebab timbulnya jenis cacat produk. Berdasarkan analisa dengan memakai dua alat tersebut, diusulkan 6 tindakan perbaikan yang dapat diterapkan di perusahaan, namun oleh perusahaan hanya diperbolehkan untuk menerapkan 2 dari 6 usulan yang diajukan. Perhitungan DMPO dan nilai sigma setelah perbaikan menunjukkan terjadi penurunan DMPO sebesar 3473,369 dan peningkatan nilai sigma sebesar 0,334033. Persentase kerugian yang dialami oleh perusahaan menurun dari 11.09% menjadi sebesar 7, 25%.

Dibuat Oleh  : Ambar Harsono, Nurul Shabrina, Kusmaningrum Sumadi
Alamat e-mail :ambar@itenas.ac.id
Kata Kunci : pengurangan kerugian penjulan, DMPO, six sigma, Interrelationship digraph, diagram pohon
Keterangan :  Karya Ilmiah ini dimuat pada  Prosiding Seminar Nasional TEKNOIN 2014, ISBN 978-602-14272-1-7

Pengurangan Kerugian Penjualan Produk Kerudung Instan dengan  Melakukan Perbaikan Kualitas Menggunakan Metode Six Sigma