Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

PENGEMBANGAN WEBSITE UNTUK MENCARI RUTE TERPENDEK ANGKUTAN KOTA DENCAN MENGGUNAKAN ALGORITMA SMA (STUDI KASUS WISATA KOTA BANDUNG)

ABSTRAK

Kota Bandung adalah salah satu tempat tujuan wisata yangsering dikunjungi. Terdapat puluhan tempat wisata yang berada di Kota Bandung yang meliputi Distro, Factory Outlet, Wisata Belanja, Kuliner dan Pendidikan. Tempat wisata tersebut berbeda-beda, tidak terpusat pada satu tempat. Fasilitas transportasi umum yang mengakses jalur wisata tersebut semakin banyak, yang menyebabkan wisatawan kesulitan dalam memilih trayek angkutan kota yang mengakses jalur wisata tersebut. Keterbatasan informasi yang meliputi trayek angkutan kota, tarif dan jarak  yang ditempuh dalam mencapai tempat tersebut merupakan faktor pendukung wisatawan untuk menentukan tempat tujuan wisata. aplikasi ini bertujuan untuk membantu wisatawan mengakses informasi mengenai trayek angkutan kota dan estimasi tarif. Algoritma digunakan dalam pembangunan aplikasi ini adalah algorotma pencarian Simplified Memory-Bounded A* (SMA*) yang memperhitungkan tarif sebenarnya dengan tarif perkiraan. Algoritma ini melakukan pencarian dengan mengunjungi simpul-simpul secara interaktif. Simpul-simpul tersebut memiliki bobot yaitu bobot berupa tarif. Dalam penentuan lintasan pendek, algoritma simpul yang memiliki bobot terkecil. Pembangunan aplikasi ini dimulai dari user requirement dengan mengumpulkan data trayek angkutan kota dan data tempat wisata yang diperoleh dari Dinas Perhubungan dan Dinas Pariwisata Kota Bandung. Kemudian mengolah data tersebut menjadi informasi. Berdasarkan hasil pengujian, algoritma SMA* dapat diterapkan untuk pencarian jalur terpendek angkutan kota.

Dibuat Oleh: Youllia Indrawaty, Redian Pribadi, Asep Nana Hermana

Alamat E-mail: youllia@itenas.ac.id

Kata Kunci:  Algoritna SMA*, Lintasan Terpendek, Jalur Wisata, Angkutan Kota

Keterangan : Karya Ilmiah ini  dimuat pada  Prosiding Konfrensi Nasional Sistem Informasi 2014, STMIK Dipanegara Makassar 27 Pebruari – 1 Maret 2014

PENGEMBANGAN WEBSITE  UNTUK MENCARI  RUTE TERPENDEK ANGKUTAN KOTA  DENCAN MENGGUNAKAN ALGORITMA SMA (STUDI KASUS WISATA KOTA BANDUNG)