Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Sistem Manajemen Mutu IS0 9001:2008 Dalam Bisnis

ABSTRAK

Sistem manajemen mutu (SMM) merupakan suatu sistem yang diterapkan dalam perusahaan bisnis dengan tujuan untuk menghasilkan produk yang mampu mencapai kepuasan konsumen. Lingkup umum SMM adalah mampu menyediakan produk yang secara konsisten memenuhi persyaratan konsumen, persyaratan hukum, dan peraturan yang berlaku. Selain itu SMM bertujuan untuk meningkatkan kepuasan konsumen melalui aplikasi sistem secara efektif, termasuk proses perbaikan sistem yang berkesinambungan dan jaminan kcsesuaian produk antara persyaratan konsumen, persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku.

Persyaratan umum bagi bisnis yang menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 adalah mampu membangun, mendokumentasikan, mengimplementasikan, dan menjaga sebuah SMM dan memperbaiki efektivitas secara terus menerus sesuai dengan standar internasional yang telah ditetapkan. Beberapa detail klausul yang harus diperhatikan suatu perusahaan bisnis dalam menerapkan sistem manajemen mutu IS0 9001:2008, diantaranya: persyaratan dokumentasi, tanggung jawab manajemen, manajemen sumber daya, realisasi produk, dan monitoring dan pengukuran.

Tahapan perusahaan bisnis dalam menerapkan sistem manajemen mutu IS0 9001:2008, diantaranya: menentukan proses sesuai dengan standar dalam SMM, menentukan urutan dan interaksi antar proses, menentukan kriteria dan metode yang dibutuhkan untuk menjamin efektivitas operasi dan control dari proses, menjamin ketersediaan sumber daya dan informasi untuk mendukung operasi dan pemantauan proses (monitor), memantau, mengukur, dan menganalisa proses, serta mengimplementasikan tindakan yangdiperlukan untuk mencapai hasil yang direncanakan dan memperbaikiproses secara berkesinambungan. Dalam paper ini akan dibahas hal-ha1 yang berkaitan dengan sistem manajemen mutu IS0 9001:2008 dalam bisnis, tujuannya untuk memberikan kemudahan dan gambaran, serta model tahapan penerapan SMM yang dapat diterapkan dalam bisnis untuk mencapai kepuasan konsumen.

Dibuat Oleh  : Gita Permata Liansari

Alamat e-mail : gitapermata@itenas.ac.id

Kata Kunci :Sistem manajemen mutu, IS0 9001:2008, bisnis, perbaikan berkesinambungan, kepuasan konsumen.

Keterangan :  Karya Ilmiah ini dimuat dan disampaikan pada  Seminar Nasional Kewirausahaan dan Inovasi Bisnis II 2012 (SNKIB II 2012) Universitas Tarumanagara, Jakarta ISSN: 2089-1040

 

Sistem Manajemen Mutu IS0 9001:2008 Dalam Bisnis