Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Usulan Waktu Standar Pemasangan Komponen Dengan Menggunakan Metoda Modular Arrangement of Predetermined Time Standards (Modapts)

ABSTRAK

Perkembangan teknologi telah mengubah pola hidup masyarakat menjadi konsumtif terhadap kebutuhannya, salah satunya pada produk televisi. Pada produk ini terdapat komponen-komponen penunjang, salah satunya yaitu komponen tuner. PT. X merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi tuner. Konsumen dari perusahaan merupakan produsen televisi yang mempunyai brand name di masyarakat saat ini, namun permintaan dari konsumen juga harus disesuaikan dengan kapasitas produksi, sedangkan kapasitas produksi dipengaruhi oleh sistem kerja mencakup fasilitas produksi di perusahaan dan manusia sebagai pengaturnya. Proses pembuatan komponen tuner dilakukan melalui 3 proses yaitu proses chipmount, discrete, dan mainline. Pada proses discrete terdapat permasalahan yaitu adanya perbedaan antara jumlah output yang direncanakan (planning) dengan output aktual. Kondisi ini berdampak pada bagian produksi yaitu penumpukan keping PCB yang merupakan output dari bagian chipmount dan kekurangan
produksi pada bagian mainline, sehingga hal ini akan mempengaruhi terhadap produk jadi yang dihasilkan. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan output actual adalah dengan mengevaluasi waktu standar yang digunakan saat ini. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengevaluasi waktu standar adalah metoda modular arrangement of predetermined time standards (MODAPTS). MODAPTS adalah suatu metode yang digunakan untuk memprediksi waktu standar. Perhitungan waktu stnadar dengan metoda MODAPTS dilakukan dengan menjumlahkan nilai MODAPTS dan melakukan konversi ke waktu standar.

Pengukuran waktu standar dilakukan dengan cara menghitung waktu pemasangan komponen dengan metoda MODAPTS untuk setiap operator yang berada pada fasilitas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usulan waktu standar dengan menggunakan metoda MODAPTS dapat meningkatkan output actual produksi. Hal ini menunjukkan bahwa perbaikan yang dilakukan dapat diaplikasikan pada lini produksi discrete.

 

Di buat oleh: Hendro Prassetiyo (hprassetiyo@itenas.ac.id), Rispianda (rispianda@itenas.ac.id), Josep Adi Gandara.
Kata kunci : Tuner, waktu standar, MODAPTS
Keterangan: Dipresentasikan di Seminar Nasional Mesin dan Industri (SNMI6) 2010 Universitas Tarumanagara Jakarta. Tgl 11 November 2010 ISBN : 978-602-98109-0-5

 

Usulan Waktu Standar Pemasangan Komponen Dengan Menggunakan Metoda Modular Arrangement of Predetermined Time Standards (Modapts)