Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Model Sistem Pengendalian Persediaan Multi Komponen Berdasarkan Jadwal Perawatan Gabungan

ABSTRAK

Suatu mesin produksi pada umumnya terdiri dari beberapa komponen atau disebut multi komponen, yang dapat saling berhubungan satu dengan yang lain (dependent) atau tidak saling berhubungan (indenpendent). Kerusakan suatu komponen dapat mengakibatkan penurunan kinerja mesin yang menyebabkan dihasilkannya produk cacat. Untuk menjaga kondisi komponen tetap baik dan menghindari terjadinya penurunan kinerja mesin, dibutuhkan kegiatan perawatan atau maintenance yang terencana. Tindakan perawatan yang dapat dilakukan pada mesin yang terdiri dari multi komponen salah satunya adalah dengan melakuakan kebijakan group maintenance. Untuk menjamin ketersediaan komponen (part) yang akan diganti, maka diperlukan suatu model sistem pengendalian persediaan multi komponen berdasarkan jadwal perawatan pencegahan gabungan.
Penelitian ini bertujuan mengembangkan suatu model optimisasi persediaan multi komponen berdasarkan perawatan gabungan dengan mempertimbangkan 2 tindakan perawatan, yaitu do nothing dan replacement. Metode solusi yang digunakan adalah model optimisasi dengan kinerja minimisasi ekspektasi total ongkos perawatan dan persediaan.

 

Di buat oleh: Hendro Prassetiyo (hprassetiyo@itenas.ac.id), Fifi Herni M. (fifi@itenas.ac.id), Elfikrie Andross .
Kata kunci : multi komponen, perawatan gabungan, sistem persediaan.
Keterangan: Prosiding The 5th National Industrial Engineering Conference 2009, Innovation and Technopreneurship for Improving National Economy, Ubaya Surabaya, Tanggal 2 Desember 2009. ISSN:1412-3525

 

Model Sistem Pengendalian Persediaan Multi Komponen Berdasarkan Jadwal Perawatan Gabungan