Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Rancangan Jig dan Fixture Untuk Proses Produksi Gear Belakang Sepeda Motor Yamaha

ABSTRAK

Perkembangan industri manufaktur di Indonesia saat ini berkembang sangat pesat didukung dengan berkembangnya teknologi dalam bidang manufaktur. Berkembanganya industri manufaktur mengakibatkan peningkatan kainginan konsumen terhadap kualitas dari produk yang dihasilkan. Kualitas produk yang baik dapat diperoleh salah satunya dengan penggunaan alat bantu produksi (jig & fixture) dalam suatu proses produksi. Makalah ini memaparkan perancangan jig & fixture yang digunakan untuk pembuatan produk gear belakangan (rear spocket) motor Yamaha yang diproduksi oleh industri kecil. Perancangan dilakukan dengan menganalisa urutan proses yang sering mengalami ketidakpresisian. Hasil rancangan menunjukan bahwa Jig & Fixture yang dibuat dapat meningkatkan kualitas dan produktifitas produk yang dihasilkan.

 

Di buat oleh: Hendro Prassetiyo (hprassetiyo@itenas.ac.id), Harsono Taroepratjeka (htaroe@itenas.ac.id), Jounathan Felix.
Kata kunci : replikasi produk, jig & fixture, gear belakang
Keterangan: Dipresentasikan di Seminar Nasional IV Manajemen dan Rekayasa Kualitas, Itenas, Bandung, ISSN:1907-0470 Tgl 15 April 2010, Itenas

 

Rancangan Jig dan Fixture Untuk Proses Produksi Gear Belakang Sepeda Motor Yamaha