Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Pengaturan Zonasi Penggunaan Lahan di Kawasan Tepian DAS Kahayan

ABSTRAK

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan lahan menyebabkan penduduk merubah fungsi kawasan yang awalnya kawasan konservasi menjadi kawasan permukiman terutama pada Kawasan Tepian Daerah Aliran Sungai (DAS) Kahayan. Kelurahan Pahandut merupakan bagian dari DAS Kahayan yang memiliki kepadatan penduduk tinggi dengan permukiman yang ada tidak memperhatikan ketentuan yang berlaku sehingga kawasan ini berkembang menjadi kawasan kumuh. Kondisi tersebut menyebabkan terjadinya erosi, penurunan kualitas air, kurangnya daerah tangkapan air, dan banjir.
Penelitian ini bertujuan merumuskan pedoman pengendalian pemanfaatan lahan dengan cara menyusun Aturan Zonasi penggunaan lahan kawasan Tepian DAS Kahayan, yang diharapkan dapat mengurangi dampak bencana banjir. Analisis yang dilakukan berupa analisis pembagian dan klasifikasi zona berdasarkan kondisi guna lahan saat ini, dan rencana tata ruang kawasan, analisis pengaturan pemanfaatan ruang dan bentuk aturan pelaksanaan pemanfaatan ruang berupa aturan variansi, insentif dan disinsentif.
Pengaturan penggunaan lahan yang dihasilkan adalah terbaginya 4 zona pemanfaatan yaitu Zona Sempadan Sungai, Zona Rumah Renggang, Zona Rumah Kampung dan Zona Pelabuhan. Ketentuan-ketentuan penggunaan lahan tersebut disesuaikan dengan karakteristik kawasan sehingga dapat menjadi arahan di dalam pengendalian pemanfaaatan ruang agar kegiatan yang ada dapat tertata dengan fungsi yang telah ditetapkan.

 

Di buat oleh: Enni Lindia Mayona (emayona@yahoo.com), Zulfadly Urufi (Zulf_2007@yahoo.com), Ridwandoni (Odon_bro@yahoo.com).
Kata kunci : Guna Lahan, Daerah Aliran Sungai, Aturan Zonasi
Keterangan: Dipresentasikan pada Seminar Nasional “Implikasi Undang-undang Penataan Ruang No. 26 Tahun 2007 terhadap Konsep Pengembangan Kota dan Wilayah Berwawasan Lingkungan,UNBRAW, 29 April 2009, ISBN-978-979-19738-0-9 hal VI-92 sd VI-104.

 

Pengaturan Zonasi Penggunaan Lahan di Kawasan Tepian DAS Kahayan