Page 31 - IMagz Ed. 06
P. 31
program studi dan belajar daring (blended learning). Namun,
bergabungnya Arsitektur dalam FAD memberikan harapan
bahwa eksplorasi desain pada tugas-tugas studio perancangan
harus diperkuat dan dikembangkan lebih luas dari sebelumnya.
Pendidikan Arsitektur merupakan perpaduan dari pengetahuan
(knowledge) dan keahlian (skills) yang menghasilkan gagasan
dan kemampuan desain sebagai inti (core) pendidikan (lihat
Gambar 1). Hal ini tidak akan berubah karena menjadi landasan
Gambar 1. Taksonomi mata kuliah dalam pendidikan Arsitektur penyusunan kurikulum dan metode pembelajaran di Program
(Sumber: Ghonim, 2017) Studi Arsitektur. Namun, penambahan topik pengetahuan dan
keahlian merupakan keharusan supaya pendidikan Arsitektur
dapat terus mengikuti perkembangan zaman. Perubahan
dapat ditekankan pada tugas-tugas studio perancangan untuk
menghasilkan desain yang lebih kreatif, fleksibel, dan dinamis.
Rumah sel di Nagano Rumah tropis di Bandung Museum ABC di Madrid
Stadion Nasional di Beijing Komplek mixed-use di Beijing London Aquatic Centre
Gambar 2. Bangunan dengan memperlihatkan kreativitas desain
(Sumber: www.dekoruma.com, www.idntimes.com, arsitekseni.wordpress.
com, www.architectureartdesigns.com, www.essentialhome.eu)
Bergabungnya Arsitektur ke FAD, diharapkan mampu membuka wawasan desain mahasiswa yang lebih berani
dan kreatif (seperti contoh-contoh Gambar 2) dengan penggunaan material dan teknologi terbaru, dengan tetap
memperhatikan kekuatan struktur terhadap gempa, kondisi iklim tropis, penghematan energi, dan kemampuan
digital. Kemampuan keteknikan tetap ada karena terkait kekuatan struktur bangunan, dan pengembangan digital
diarahkan pada pengetahuan tentang Building Information Modeling (BIM), sehingga lulusan diharapkan lebih
memiliki daya saing. [Juarni Arnita]
31