Page 45 - SOP Pelayanan Perpustakaan
P. 45
1. TUJUAN
Tujuan Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagai acuan dalam proses pemberian surat
keterangan tidak memiliki pinjaman buku perpustakaan di lingkungan Institut Teknologi
Nasional, sehingga pelaksanaan kegiatan pelayanan bebas pinjaman koleksi
perpustakaan dapat berjalan secara efektif dan efisien.
2. STANDAR LAYANAN BEBAS PINJAM PERPUSTAKAAN
Pernyataan standar untuk layanan bebas pinjaman koleksi perpustakaan adalah:
1. Layanan bebas pinjaman koleksi perpustakaan adalah kegiatan layanan kepada
mahasiswa yang akan lulus, agar mengembalikan seluruh pinjaman koleksi
perpustakaan kepada UPT. Perpustakaan, sehingga koleksi perpustakaan sebagai
asset dapat terjaga dan terpelihara;
2. Petugas layanan memastikan bahwa layanan bebas pinjaman dapat dilaksanakan
paling lama 6 (enam) menit untuk semua kegiatan.
3. PROSEDUR LAYANAN BEBAS PINJAMAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN
Uraian standar untuk layanan bebas pinjaman koleksi perpustakaan adalah:
1. Petugas menerima kartu tanda mahasiswa dan formulir Bebas Pinjaman Koleksi
Perpustakaan dari mahasiswa;
2. Petugas melakukan pengecekan pada sistem perpustakaan;
3. Apabila terlambat maka buku harus dikembalikan dan dikenakan denda, apabila
hilang mahasiswa wajib mengganti dengan buku yang sama, kemudian
melengkapi data keanggotaan mahasiswa;
4. Petugas memberikan nomor surat (numerator), menandatangani dan cap formulir;
5. Menyerahkan formulir Bebas Pinjaman Koleksi Perpustakaan (Form: PL-02);
4. BAGAN ALIR
Bagan alir untuk layanan bebas pinjaman koleksi perpustakaan adalah:
2

