Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Usulan Perbaikan untuk Pengurangan Waste pada Proses Produksi dengan Metoda Lean Manufacturing (Studi Kasus Di Pt Pln (Persero) Jasa dan Produksi, Unit Produksi Bandung)

ABSTRAK

Lemari Bagi Tegangan Rendah (TR) 4 Jurusan pada PT. PLN (Persero) J & P Unit Produksi Bandung merupakan produk yang memiliki permintaan dalam jumlah besar, akan tetapi sering menghadapi / masalah keterlambatan dalam penyelesaian produk yang disebabkan oleh adanya pemborosan (waste) pada lantai produksi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan strategi perbaikan dengan menggunakan metode Leon Manufacturing untuk mengurangi lead time pada lantai produksi dengan mengurangi pemborosan serta aktivitas yang tidak memiliki nilai tambah. Metode ini menggunakan Value Stream Mapping untuk melakukan pemetaan aliran informasi dan material yang terjadi dari awal sampai produk diterima oleh konsumen. Berdasarkan hasil pemetaan current state value stream, diketahui bahwa lead time produbi adalah sebesar 5622.2 menit (±12 hari), Setelah dilakukan identifikasi waste yang terjadi dengan menggunakan metode 5W-IH (What, Who, Where, When, Why, and How) dapat diketahui adanya pemborosan pada proses proses cutting 2 di mesin pond dan mesin bending, pemborosan gerakan kerja yang disebabkan oleh organisasi tempat kerja yang kurang baik dan metode kerja yang tidak konsisten, serta pemborosan overproduksi yang terjadi pada proses pemotongan bahan baku pada mesin hydracut dan pemotongan sudut-sudut komponen pada mesin pond. Setelah dilakukan analisa sebagai dasar untuk membuat usulan perbaikan yang mungkin dilakukan, kemudian digambarkan peta aliran kondisi masa depan (Future State Value Stream Map) yang ingin dicapai. Untuk mencapai kandisi yang diharapkan, diusulkan empat tindakan perbaikan yaitu perbaikan pada proses cutting 2 di mesin pond, perbaikan metode kerja pada srasiun kerja perakitan, perbaikan organisasi tempat kerja pada lantai produksi, dan pembagian batch produksi pada proses cutting 1 dan cutting 2. Dengan melakukan implementasi usulan tindakan perbaikan tersebut, diharapkan dapat mengeliminasi waste yang terjadi sehingga dapat mengurangi lead time produksi perusahaan menjadi 4331.2 menit (±I0 hari).

Dibuat oleh : Ambar Rukmi Harsono (ambarh@itenas.ac.id)
Keyword : Lean manufacfuring, value stream mapping, waste
Keterangan : Dipresentasikan pada Seminar Rekayasa Kualitas, 2010

Usulan Perbaikan untuk Pengurangan Waste pada Proses Produksi dengan Metoda Lean Manufacturing (Studi Kasus Di Pt Pln (Persero) Jasa dan Produksi, Unit Produksi Bandung)