Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Metoda Pengukuran Kinerja Fakultas dengan Menggunakan Pendekatan Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (Education Criteria)

ABSTRAK

Makalah ini membahas implementasi pengukuran kinerja yang terintegrasi terhadap tiga fakultas berdasarkan Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE) Education Criteria yang berdasarkan 7 kategori yang meliputi organisasi, operasi dan hasilnya. Modifikasi yang diusulkan adalah pada pengumpulan data untuk profil organisasi pembuatan deskripsi diri dan cara untuk melakukan scoring. Seperti pada MBCfPE Education Criteria, penilaian terhadap kategori 1-6 dilakukan berdasarkan Approach, Deployment, Learning, Integration (ADLI), sedangkan penilaian kategori hasil (kategori 7) dilakukan berdasarkan Level, Trends, Comparisons dun Linkage (LTCLi). Dalam implementasi, scor ADLI dan LTCLi dirinci masing-masing menjadi 6 level, dun penilaian score akhir didasarkan alas level yang diperoleh. Apabila terjadi perbedaan level pada ADLI atau LTCLi dalam satu kategori, maka dilakukan pcnyesuaian score. Selanjutnya penentuan level kinerja dilakukan berdasarkan Scoring Descriptor Malcolm Baldrige. Hasil penilaian terhadap ketiga fakultas menghasilkan nilai yang cukup berbeda dan dapat dipakai untuk menentukan prioritas perbaikan.

Dibuat oleh: Ambar Rukmi Harsono (ambarh@itenas.ac.id)
Keyword : Malcoh Baldrige Criteria, ADLI & LTCLi, pengukuran kinerja fakultas
Keterangan : Diterbitkan di Jurnal Itenas Rekayasa, No.2/Vol.XIII

Metoda Pengukuran Kinerja Fakultas dengan Menggunakan Pendekatan Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (Education Criteria)