Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Pengukuran Model Propagasi Outdoor dan Indoor Sistem WiMAX 2.3GHz di Lingkungan Kampus ITB

ABSTRAK

Dewasa ini teknologi di bidang telekomunikasi telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini ditandai dengan banyaknya produk dan teknologi yang dikembangkan di bidang ini oleh beberapa negara, salah satu diantaranya adalah WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access). Sama halnya seperti teknologi nirkawat yang dikembangkan sebelumnya, teknologi ini juga tidak dapat dipisahkan dengan faktor redaman (loss) sehingga terdapat berbagai model perhitungan redaman propagasi, seperti model propagasi SUI (Standford University Interim). Model propagasi ini dibuat karena kondisi geografis dari setiap negara yang berbeda – beda.

Dalam penelitian ini dilakukan pengukuran model propagasi dengan menggunakan frekuensi 2.3GHz, yang dipakai pada teknologi WiMAX. Pengukuran ini terdiri dari pengukuran outdoor dan indoor di lingkungan kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). Penelitian ini merupakan kajian awal bagi perkembangan WiMAX di Indonesia umumnya dan ITB khususnya. Pengukuran menggunakan perangkat network analyzer 2.3GHz dan antena monopole λ/4 di sisi pengirim serta spectrum analyzer dan antena monopole λ/4 di sisi penerima. Data pathloss hasil pengukuran dibandingkan dengan perhitungan pathloss model propagasi SUI (Standford University Interim) dan diharapkan dapat menjadi acuan bagi berbagai pihak terkait dan dapat diolah lebih lanjut untuk penelitian berikutnya.

Dibuat oleh: Arsyad Ramadhan Darlis (arsyad_anime@yahoo.com), Trasma Yunita (trasma_yunita@yahoo.com), Joko Suryana (joko@radar.ee.itb.ac.id)
Kata Kunci: WiMAX 2.3GHz, pathloss, propagasi
Keterangan: Dipresentasikan pada Seminar Radar Nasional 2010., Yogyakarta, 28-29 April 2010., ISSN : 1979-2921

Pengukuran Model Propagasi Outdoor dan Indoor Sistem WiMAX 2.3GHz di Lingkungan Kampus ITB