Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Analisis Statik Struktur Mesin Pencetak Batu Bata Merah Berkapasitas 8 Buah per Menit Dengan Menggunakan Cosmosworks 2004tm

ABSTRAK

Batu bata merupakan salah satu jenis material yang banyak digunakan dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. Telah banyak berkembang industri batu bata, mulai dari skala industri rumah tangga hingga industri besar. Pada skala industri rumah tangga pencetakan batu bata masih menggunakan cara tradisional. Oleh karena itu dibuatlah mekanisme mesin pencetak batu bata merah, yang dapat meningkatkan jumlah produksi dengan kualitas yang lebih baik Dengan bertambah pesatnya perkembangan teknologi terutama di bidang komputasi, maka dalam hal rekayasa teknik telah banyak menggunakan bantuan komputer. Bentuk perhitungan dan analisis yang kompleks dapat diselesaikan dengan cepat dan akurat menggunakan bantuan program. Salah satunya adalah program yang menerapkan metode elemen hingga (finite element method) adalah COSMOSWorks 2004TM yang terintegrasi langsung dengan program SolidWorks 2004 dalam melakukan pemodelan.

Tahap pertama yang dilakukan sebelum proses analisis, adalah membuat pemodelan komponen dengan menggunakan program SolidWorks 2004. Setelah pemodelan selesai, proses analisis statik siap dilakukan dengan menggunakan program COSMOSWorks 2004TM. Langkah-langkah dalam proses ini adalah, meliputi penentuan jenis permasalahan (study define), penentuan jenis material (material define), pembentukan jaring-jaring elemen dan titik nodal (meshing), penentuan jenis tumpuan (restraint), pemberian beban (load) dan tahap analisis (analysis). Hasil yang diperoleh dari proses analisis statik berupa tegangan (stress), regangan (strain), perpindahan (displacement) dan faktor keamanan (Safety of Factor).
Dari hasil analisis komponen utama mesin pencetak batu bata merah, hampir semua komponen dikategorikan aman berdasarkan nilai faktor keamanan, yaitu lebih besar dari 1, kecuali komponen poros input geneva yang memiliki nilai faktor keamanan 0,4 (<1).

Dibuat oleh : Encu Saefudin dan Tito Shantika (encu@itenas.ac.id, tshantika@itenas.ac.id)
Kata kunci : pemodelan, analisis, tegangan, regangan, perpindahan dan faktor keamanan
Keterangan :
Seminar Nasional – VIII
Rekayasa dan Aplikasi Teknik Mesin di Industri
Kampus ITENAS – Bandung, 24-25 November 2009

Analisis Statik Struktur Mesin Pencetak Batu Bata Merah Berkapasitas 8 Buah per Menit Dengan Menggunakan Cosmosworks 2004tm