Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Metoda Pemasokan Solar Untuk Industri dengan Pengurangan Biaya Penanganan Feedstock Studi Kasus : Pertamina UPDN III Cabang Bandung

ABSTRAK

Selama ini Pertamina UPDN III & Cabang Bandung belum membuat perencanaan secara rinci tentang kebutuhan masing-masing industri di wilayah Jawa Barat yang dilayani dengan memperhatikan fluktuasi yang terjadi, sehingga pada waktu tertentu pasokan dari Pertamina tidak mencukupi. Unluk memecahkan masalah sistem distribusi tersebut dipakai metoda DRP dengan memperhitungkan strukiur distribusi, fluktuasi permintaan, tingkat kepuasan konsumen. waktu ancang pemesanan, ukuran lot pemesanan, cadangan pengaman dan persediaan yang ada Hasil perhitungan metoda DRP tersebut adalah jumlah dan jadwal kebutuhan dari setiap level distributor/depot.

Kebutuhan BBM dari depot Tasik dan Ujungberung untuk tiga jenis praduk yaitu Premium, Kerosene dan Solar dipasok dari kilang Cilacap melalui pipa dalam sederetan batch .face to face. Permasalahan yang timbul adalah terjadinya campuran antar dua produk (feed stock) yong cukup besar. Feedstock yang diterima oleh depot Pertamina akan disimpan di tangki timbun dan kemudian harus diangkut ke kilang Cilacap untuk dimurnikan kembali. Saat ini pasokan BBM dari Cilacap dilakukan dengan menggunakan batch pemompaan 4 : 8 : 4 yaitu mengalirkan produk Premium 4 kali, Kerosene 8 kali dan SoIar 4 kali dalam satu bulan. Hal tersebut menyebabkan terjadinya pertemuan (face to face) antara Premium dengan Kerosene (feed stock A) sebanyak 4 kali dan Solar dengan Kerosene (feed stock B) sebanyak 4 kali sehingga jumlah feed stock yang terjadi sebanyak 720 Kilo liter per bulan.

Dalam penelitian ini diusulkan untuk merubah batch pemompaan menjadi 3 : 6 : 3 tanpa mengurangi jumlah pasokan ke depot dan dengan mempertimbangkan jumlah tangki timbun yang ada di setiap depot. Sistem batch usulan tersebut dapat mengurangi jumhh feedstock menjadi sebanyak 540 Kilo liter sebulan sehingga menghemat biaya penanganan feedstock sebesar Rp 148.990.000.- / bulan.

Dibuat oleh: Ambar Rukmi Harsono (ambarh@itenas.ac.id)
Keyword : DRP, cadagan pengaman, batch face to face, penangan feed stock
Keterangan : Proceeding Seminar Sistem Produksi VI 2003 ” Pemberdayaan Industri Pendukung Untuk Optimasi Rantai Pasok Manufaktur”

Metoda Pemasokan Solar Untuk Industri Dengan Pengurangan Biaya Penanganan Feedstock Studi Kasus : Pertamina UPDN III Cabang Bandung