Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Peluang Photovoltaics Surya untuk Energi Listrik di Indonesia : Photovoltaic Prospectf or Electric Energy in Indonesia

ABSTRAK

Indonesia merupakan daerah iklim tropis yang cocok untuk memanfaatkan energi surya menjadi energi listrik kira-kira luas daratan sekitar 2 juta km2. Jika saja kita dapat memanaatkan 0,1% luas daratan negara kita ini untuk menghasilkan enrgi listrik dengun memasang panel surya pada atap rumah, perkantoran dan juga lainnya dengun kira-kira 2000 km2 atau sama dengan- 2.000.000 m2 -. Indonesiad dapat mendapatkan radiasi sebesar 5 kWh/m2 setiap harinya sehingga dapat kita peroleh kira-kira 10.000.000.000 Wh/hari atau sama dengan 10.000GWh / hari. Angka yang besar untuk memenuhi kebutuhan listrik tersebut dapat dimanfaatkan untuk daerah yang saat ini belum tersedia listrik.
Salah satu keuntungan yang di dapat dari pemanfaatan Photovoltaic di Negara lndonesiaia ialah letak geografi yang berada pada garis ekuator dan juga kontribusi Negara kita terhadap Protokol Ky’oto.
Dibahas juga berbagai bahan photovoltaics surya.

Dibuat oleh : Aman Mostavanl, Hendrik Santosa ,Liman Hartawan 

( mostava@tf.itb.ac.ic, hendrik_santos@ yahoo.com, limanmail@yahoo.com)

Kata Kunci: Photovoltaic, ekuator, Kontribusi energi.

Keterangan :  Disampaikan  untuk DIES EMAS 50 Tahun ITB pada Sarasehan Nasional “Mencari SolusiI Untuk Bangsa” Kampus ITB . 4 – 5 Maret 2009

Peluang Photovoltaics Surya untuk Energi Listrik di Indonesia :  Photovoltaic Prospectf or Electric Energy in Indonesia