Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

KETAHANAN FATIG BERBAGAI JENIS CAMPURAN BERASPAL (GRADASI SPESIFIKASI BARU DAN LAMA)

ABSTRAK

Perkerasan jalan merupakan struktur berlapis di atas tanah dasar dengan lapis beraspal yang biasanya digunakan sebagai lapisan penutupnya. Masing-masing lapisan dari struktur ini mempunyai kekuatan dan fungsi yang berbeda tetapi tanah dasar dan lapis beraspal adalah bagian dari struktur pekerasan yang paling kritikal. Deformasi permanen pada tanah dasar dan retak lelah (fatigue crack) pada lapis beraspal adalah dua kriteria yang kegagalan (failure) yang biasanya digunakan sebagai acuan untuk menentukan umur rencana suatu perkerasan. Dalam teori multi lapis (Multy layer theory), kedua kriteria kegagalan ini, deformasi permanen dan retak lelah, masing-masing disebabkan oleh regangan vertikal dan terjadi di atas tanah dasar dan regangan tarik horizontal yang terjadi di bawah lapis beraspal. Dalam metode perencanaan campuran beraspal durabilitas campuran beraspal hanya ditentukan atas dasar kekuatan (stabilitas) campuran terhadap beban tekan, ketahanan campuran terhadap regangan tarik tidak dipertimbangkan. Tulisan ini mencoba mengkaji ketahanan fatig berbagai jenis campuran dengan berbagai variasi gradasi beraspal akibat regangan tarik yang ditimbulkan oleh pengulangan beban yang diberikan. Parameter yang mempegaruhi ketahanan fatig campuran beraspal juga dibahas dalam tulisan ini.

Dibuat oleh : R. Anwar YAMIN, Imam Aschuri, MSc. (aschuri@itenas.ac.id)

Kata Kunci :  Fatig, campuran beraspal, gradasi

Keterangan :  Makalah ini  di muat pada  Proceeding SimposiumFSTPT ke V, halaman 141-153,  ISBN: 979-95721-0-5

KETAHANAN FATIG BERBAGAI JENIS CAMPURAN BERASPAL (GRADASI SPESIFIKASI BARU DAN LAMA)