Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

FOAM BITUMEN SEBAGAI BAHAN PENSTABILISASI PERKERASAN JALAN

ABSTRAK

Bahan penstabilisasi (stabilizer) telah mulai digunakan untuk konstruksi jalan sejak zaman Romawi, sekitar 2000 tahun yang lalu. Saat ini berbagai jenis stabilizer telah banyak digunakan selain untuk meningkatkan daya dukung perkerasan juga untuk meningkatkan durabilitas dan ketahanan perkerasan terhadap pengaruh air dan lingkungan. Material yang distabilisasi dengan menggunakan semen atau kapur akan bersifat semi kaku atau bahkan cenderung getas. Semakin tinggi persentase pemakaian semen atau kapur, semakin getas bahan yang dihasilkan, sehingga bahan yang distabilisasi memiliki daya tahan terhadap retak yang tidak begitu baik. Sedangkan material yang distabilisasi dengan aspal akan menghasilkan bahan yang bersifat lebih fleksibel dibandingkan bila menggunakan semen, tetapi kekuatan yang dihasilkannya jauh di bawah kekuatan stabilisasi dengan menggunakan semen. Agar sifat bahan yang distabilisasi memiliki kekuatan yang relatif tinggi tetapi masih memiliki daya tahan terhadap retak yang baik (cukup fleksibel), maka kedua bahan penstabilisasi ini harus dikolaburasikan. Foam Bitumen adalah campuran antara udara, air dan bitumen yang dicampur dengan komposisi tertentu. Foam bitumen dihasilkan dengan cara menginjeksikan air ke aspal panas di dalam foaming chamber. Foam bitumen dapat digunakan sebagai bahan penstabilisasi hampir untuk semua jenis material. Penggunaan foam bitumen harus dikolaburasikan dengan penambahan filler aktif (semen/kapur) pada material yang akan distabilisasi. Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembuatan dan keberhasilan stabilisasi dengan menggunakan foam bitumen ini. Tulisan ini mencoba memberikan gambaran mengenai sifat foam bitumen, faktor-faktor yang mempengaruhi pembuatan foam bitumen, jenis bahan yang dapat distabilisasi dan kinerja laboratorium campuran yang distabilisasi dengan foam bitumen.

Dibuat oleh : R. Anwar YAMIN,  Agus Bari Sailendra, Imam Aschuri, MSc. (ayplg@yahoo.com, absyail@yahoo.coma, aschuri@itenas.ac.id)

Kata Kunci :  Foam bitumen, parameter yang mepengaruhi, bahan penstabilisai

Keterangan :  Makalah ini  di muat pada  Proceeding Konferensi Nasional Teknik Jalan ke 8, 4-5 September 2007, Jakarta. Terpilih sebagai Makalah Inovasi Terbaik.

FOAM BITUMEN SEBAGAI BAHAN PENSTABILISASI PERKERASAN JALAN