Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Pemekatan Santan Kelapa dengan Proses Reverse Osmosis

ABSTRAK

Santan kelapa adalaha bahan makanan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat baik untuk mengolah berbagai jenis makanan, campuran makanan manis dan sebagainya. Santan kelapa mengandung air lemak, protein karbohidrat, mineral, dan vitamin. Salah satu produk santan kelapa yang berprospek untuk dikembangkan adalah santan kelapa dengan kandunga air yang rendah.

Proses pengolahan santan kelapa yang biasa digunakan untuk pemekatan santan kelapa adalah dengan cara evaporasi. Proses evaporasi dilakukan untuk menguapkan kandungan air dalam santan kelapa melalui pemanasan. Akan tetapi, santan kelapa akan mengalami degradasi yang menyebabkan hilangnya aroma santan kelapa apabila dilakukan pemanasan pada temperatur yang tinggi yaitu pada pada suhu 80 derajat Celsius. Pemekatan santan kelapa selain melalui proses evaporasi adalah pemekatan santan kelapa dengan membrane yang salah satu caranya melalui proses Reverse Osmosis.

Dibuat oleh: Ronny Kurniawan (ronny_k@itenas.ac.id)
Keyword : santan kelapa, pemekatan, reverse osmosis
Keterangan :┬áDipresentasikan pada Seminar Nasional Teknik Kimia Soebardjo Brotohardjono, Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri UPN “Veteran” Jawa Timur, Surabaya 3 Juli 2007

Pemekatan Santan Kelapa dengan Proses Reverse Osmosis