Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Pengambilan Minyak Cendana Menggunakan Ekstraktor Soxhlet dengan Variasi Rasio Umpan dan Jumlah Sirkulasi

ABSTRAK

Cendana (Santalum album linn) tergolong dalam keluarga Santalacae dan ordo Lorantacae bentuk batangnya bulat (bundar) dengan kulit batang yang kasar berwarna coklat keabu-abuan sampai kelabu. Kayu cendana dapat digunakan untuk bahan industri kerajinan tangan seperti patung, kipas dan lain-lainnya, sedangkan bagian taras batang dan akar dapat menghasilkan minyak cendana. Minyak cendana (Sandawood oil) merupakan salah satu jenis minyak atsiri yang bersumber dari kayu atau akar pohon candana. Minyak cendana mempunyai nilai jual yang tinggi karena memiliki aroma harum yang spesifik dimana anyak digunakan secara luas untuk aroma terapi, parfum, kosmetik dan bahan obat-obatan.

Pada penelitian ini minyak cendana diperoleh melalui proses ekstraksi dengan menggunakan extractor soxhlet pada skala laboratorium, dimana pelarut yang dipakai adalah n-heksana. Penelitian ini bertujuan untu menentukan % perolehan tertinggi pada berbagai variasi percobaan. Variasi percobaan yang dilakukan pada penelitian ini adalah 200:1500, 300:1500, 400:1500 (g kayu cendana : ml pelarut) dengan variasi sirkulasi sebanyak 3, 5, 7 sirkulasi, dimana ekstrasi dilakukan pada temperatur 70 derajat Celcius. Selain itu pada penelitian ini juga dilakukan uji mutu minyak cendana yang meliputi : bobot jenis, indeks bias, kelarutan dalam alkohol 70 persen, penentuan bilangan asam dan penentuan kadar santalol.

Hasil ekstraksi terbaik diperoleh pada rasio 200 g : 1500 ml dengan sirkulasi sebanyak 7 sirkulasi dengan massa sebesar 3,9165% berat, bobot jenis 0.9728, indeks bias 1,286, kelarutan dalam alkohol 70% V 1 ml : 4 ml, bilangan asam 3,1416 dan kadar santanol 73,595%.

Dibuat oleh: Ronny Kurniawan (ronny_k@itenas.ac.id), Salafudin, Zam Faisal,  Chuandra T
Kata kunci : Minyak cendana, ekstraksi, Santanol
Keterangan :¬† Dipresentasikan pada Seminar Nasional Soebardjo Brotohardjono ” Pengolahan Sumber Daya Alam Terbarukan ” Surabaya, 3 Juli 2007.

Pengambilan Minyak Cendana Menggunakan Ekstraktor Soxhlet dengan Variasi Rasio Umpan dan Jumlah Sirkulasi