SIMULASI PERGERAKAN LANGKAH KUDA MENGGUNAKAN METODE BREADTH FIRST SEARCH
Program permainan catur pertama ditulis oleh Claude Shannon (penemu teori informasi) dan Alan Turing. Langkah terpendek kuda pada papan catur adalah salah satu permasalahan klasik dalam kecerdasan buatan. Dalam Tugas Akhir ini, aplikasi mensimulasikan semua kemungkinan pergerakan sebuah kuda dari posisi tertentu pada papan catur ke posisi tujuan. Posisi kuda pada papan catur akan dikonversi untuk memperoleh nilai indeks, demikian juga dengan posisi tujuan dan posisi penghalang. Selanjutnya, dengan penalaran maju dicari semua posisi valid dari kuda untuk semua langkah yang mungkin. Jika dalam pencariannya ditemukan penghalang maka kuda akan kembali ke posisi sebelumnya untuk mencari kemungkinan posisi valid yang lain, sampai ditemukan posisi tujuan. Metode pencarian tersebut dinamakan Breadth-First Search. Dengan metode ini, semua node akan ditelusuri dan node-node pada level n akan dikunjungi terlebih dahulu sebelum mengunjungi node-node pada level n+1. Penggunaan metode ini mampu menemukan suatu solusi terpendek dalam waktu dan tingkat tertentu.
Dibuat oleh : Youllia Indrawaty, Asep Nana Hermana, Vichy Sinar Rinanto
E-mail: youllia@itenas.ac.id
Kata Kunci : pergerakan langkah kuda, simulasi, breadth first search
Keterangan : Makalah ini dimuat pada Jurnal Informatika Itenas, No.3 , Vol. 2, September – Desember 2011
SIMULASI PERGERAKAN LANGKAH KUDA MENGGUNAKAN METODE BREADTH FIRST SEARCH