Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PEMANTAUAN INDIKASI ANOMALI BANDWIDTH JARINGAN KOMPUTER (Studi Kasus PT. Kereta Api Indonesia)

ABSTRAK

Kegiatan memantau jaringan bukan hanya terpusat pada memantau kegiatan komputer client, tetapi juga dapat mengetahui seberapa besar bandwidth yang digunakan oleh sebuah institusi atau kantor yang terhubung dalam jaringan komputer, yang disebut juga pemantauan penggunaan bandwidth. PT.Kereta Api sistem pemantauan penggunaan bandwidth lengkap dengan informasi port yang terbuka dalam jaringan komputer. Pemantauan penggunaan bandwidth dilakukan untuk mengetahui informasi penggunaan bandwidth dan indikasi terjadinya anomali bandwidth di dalam jaringan komputer. Salah satu hal yang mengindikasikan terjadinya anomali bandwidth terlihat ketika terdapat port yang tidak dikenali sebelumnya tetapi menggunakan bandwidth yang besar.Tujuan akhir dari penelitian ini adalah bagaimana aplikasi yang dikembangkan dapat memantau penggunaan bandwidth setiap menit dalam jaringan komputer. Aplikasi ini juga akan menampilkan port TCP/IP dengan penggunaan bandwidth terbesar setiap menit.

Dibuat oleh : Winarno Sugeng , Milda Gustiana Husada , Chandraditya P. A.

E-mail:  winarno@itenas.ac.id, mghusada@itenas.ac.id

Kata Kunci : pemantauan, bandwidth, anomali, port

Keterangan :  Makalah ini  dimuat pada Jurnal Informatika Itenas, No.3 , Vol. 2, September – Desember 2011

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PEMANTAUAN INDIKASI ANOMALI BANDWIDTH JARINGAN KOMPUTER (Studi Kasus PT. Kereta Api Indonesia)