Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

STUDI PENAMBAHAN MgO SAMPAI 2% MOL TERHADAP STRUKTUR MIKRO DAN SIFAT MEKANIK KERAMIK KOMPOSIT Al2O3 – ZrO2

ABSTRAK

Penggunaan alumina di hidang indusrri saat ini sudah semakin meluas misalnya sebagai bahan cutting tool dan die. Sifat yang khas dari alumina antara lain memiliki sifat kekerasan tinggi terapi ketangguhan retaknya rendah. Untuk meningkatkan ketangguhan retaknya, alumina perlu dicampur dengan bahan lain misaltyo Zirkonia (ZrOd diserrai dengan penomhnhon odirfrerientu sehingga akan terbenruk komposit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sifat mekanik dan struktur mikro alumina-zirkonia dengan penambahan   aditif  MgO.

Penelitian dilakukan dengan menyinter pelet Al203,-Zr02,yang diberikan MgO sebanyak sampai 2% mol pada suhu 1500*C dan atmosfir udara selama 2 jam, kemudian dilakukan pengukuran densitas pelet,
kekerasan, ketangguhan retak dan analisa pelet sinter dengan menggunakan mikroskop optik, mikroskop electron (SEM, Scanning Electron Microscop), dan difraksi sinar x (XRD, X-Ray Difracion).

Hasil Pengukuran  densitas memperlihatkan bahwa penyinteran pada suhu1500*C pado suhu 1500* C dapat menghasilkan peler keramik komposit Al203 -Zr02 dengan densitas yang tinggi. Penambahan aditif MgO menunjukkan peningkatan densitas pelet sinter. Semenrara itu, hasil analisis difraksi sinar-X memperliharkun bahwa didalam plet sinter Al203 – Zr02 terdapat fase kedua MgAl2O4. Hasil analisis metalografi memperlihatkan bahwa ukuran butir pelet sinter besarnya konsentrasi MgO yang ditambahkan. Hasil uji kekerasan dan ketangguhan relak menunjukkan adanya kenaikan kekerason dan ketangguhan retak pada penambahan aditif  MgO sebesar 0.5%.

Dibuat oleh : Meilinda Nurbanasari, Dani Gustaman Syarif, Drs.,M.Eng., Emanuel Gulo, ST

E-mail:  meilinda@itenas.ac.id

Kata Kunci : Komposit, keramik, sinter

Keterangan :  Makalah ini  dimuat pada Prosiding Seminar Nasional Gabungan Perkembangan Riset dan Teknologi di Bidang Material dan Proses ke 2. Perkembangan Riset dan Teknologi di Bidang Industri ke 12. Tanggal 27 Juni 2006, UGM, Yogyakarta. ISBN: 979-95620-3-1

STUDI PENAMBAHAN MgO SAMPAI 2% MOL TERHADAP STRUKTUR MIKRO DAN SIFAT MEKANIK KERAMIK KOMPOSIT Al2O3 – ZrO2