Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Usulan Perbaikan Penentuan Lokasi Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Sampah Menggunakan Metode Set Covering Problem (SCP) (Studi Kasus di PD. Kebersihan Wilayah Operasional Bandung Barat)

ABSTRAK

Sampah merupakan salah satu masalah terbesar yang dihadapi oleh kota-kota besar. Volume sampah atau berat sampah yang dihasilkan dari jenis sumber sampah di wilayah tertentu persatuan waktu disebut timbulan sampah. Timbulan sampah biasanya akan ditampung pada tempat pembuangan sementara (TPS) sampah. TPS terdiri dari 2 jenis yaitu TPS jenis bak terbuat dari semen yang dibentuk menyerupai bak besar dan sifatnya permanen (tidak bisa dipindah-pindah), dan TPS jenis kontainer terbuat dari baja yang sifatnya tidak permanen (bisa dipindah-pindah). Kota Bandung merupakan salah satu kota yang memiliki permasalahan dalam penanggulangan sampah. Dari seluruh wilayah bagian Kota Bandung, Bandung Barat merupakan wilayah yang paling banyak menghasilkan sampah. Penempatan TPS yang kurang tepat di kota Bandung terutama di wilayah Bandung Barat mengakibatkan terjadinya penumpukan sampah yang tidak merata. Hal ini dapat dilihat dari beberapa lokasi TPS yang timbulan sampahnya melebihi kapasitas kontainer yang ada, sementara TPS yang lainnya mengalami kekosongan akibat timbulan sampah yang dihasilkan sangat sedikit. Untuk membantu penyelesaian masalah tersebut maka diusulkan perbaikan lokasi TPS dengan menggunakan metode set covering problem (SCP). Metode ini bertujuan untuk menentukan jumlah minimal fasilitas dan menentukan lokasi agar setiap permintaan dapat dipenuhi oleh minimal satu fasilitas dengan cepat. Metode ini menggunakan algoritma intejer biner, dimana hasil yang didapatkan berupa bilangan biner (0 atau 1). Metode SCP digunakan karena mampu menutupi kebutuhan fasilitas lebih dari dua wilayah. Fasilitas yang dimaksud pada penelitian ini adalah TPS, dengan metode SCP jumlah TPS dapat ditentukan berdasarkan jarak dan jumlah timbulan sampah yang ada pada setiap masing-masing TPS.

Dibuat Oleh: Susy Susanty, Yuni Triani, Hendro Prassetiyo
E-mail: susy@itenas.ac.id
Kata Kunci: tempat pembuangan sementara (TPS) sampah, timbulan sampah, TPS jenis kontainer, metode set covering problem (SCP), intejer biner
Keterangan: Makalah ini dimuat dalam Prosiding “Seminar Nasional Teknik  TEKNOIN 2012: Pengembangan Teknologi Manufaktur untuk menunjang penguatan daya saing bangsa

Usulan Perbaikan Penentuan Lokasi Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Sampah Menggunakan Metode Set Covering Problem (SCP) (Studi Kasus di PD. Kebersihan Wilayah Operasional Bandung Barat)