Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

PEMBUATAN PETA 3 DIMENSI DAN ANIMASI FLY THROUGH MENGGUNAKAN CITRA QUICKBIRD HASIL FUSI (Daerah Studi: Taliwang, Sumbawa Barat)

ABSTRAK

Untuk menyajikan bentuk permukaan tanah/terrain secara lebih realistis perlu digunakan peta tiga dimensi (3D) atau peta perspektif. Visualisasi peta 3D dapat berupa gambar-gambar statis maupun animasifly through. Pada penelitian ini dikaji pembuatan peta 3D dan animasi fly through daerah Taliwang – Sumbawa Barat menggunakan fusi citra QuickBird Multispektral 2.4 m dan Pankromatik 0.6 m dengan metode PC Spectral Sharpening.Analisis citra hasil fusi dilakukan dengan cara menginterpretasi secara visual unsur jalan, sungai, kebun, pemukiman, dan sawah. Hasil analisis visual menunjukkan bahwa objek kebun, sawah, pemukiman, sungai, dan jalan raya  yang terdapat pada citra QuickBird hasil fusi memiliki kenampakan yang jelas/tajam, serta warna yang lebih terang bila dibandingkan dengan citra Quickbird sebelum fusi. Peta 3D yang diperoleh dari hasil fusi citra QuickBird menunjukkan kerincian objek di dalam tampilan peta 3D tersebut, serta permukaan tanah/terrain yang terdapat dalam peta terlihat dengan jelas perbedaan ketinggiannya. Penyajian animasi fly through peta 3D membuat visualisasi peta lebih atraktif karena menggunakan simulasi sistem kamera berjalan sehingga pengguna dapat merasa seolah-olah terbang di atas daerah pemetaandan mempermudah pengguna dalam menginterpretasikan wilayah yang dipetakan.

Di buat oleh:  Dewi Kania Sari, Hary Nugroho, Hendri Kusmawadi (2008)
Kata Kunci : peta 3D, animasi fly-through, citra QuickBird, fusi, PC Spectral Sharpening.
Keterangan : Karya Ilmiah diterbitkan pada JURNAL ITENAS, No. 3 Vol. 12, September-November 2008, Jurnal Nasional Terakreditasi SK Dirjen Dikti No. 55/DIKTI/Kep/2005 ; ISSN: 1410 – 3125

PEMBUATAN PETA 3 DIMENSI DAN ANIMASI FLY THROUGH MENGGUNAKAN CITRA QUICKBIRD HASIL FUSI