Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

USULAN PERBAIKAN STASIUN KERJA DI BAGIAN PACKING DENGAN MENGGUNAKAN PRINSIP-PRINSIP ERGONOMI ( Studi Kasus di PT. Nikkatsu Electric Work)

ABSTRAK

Suatu proses kerja yang optimal, perlu memperhatikan beberapa faktor pendukung sistem kerja yang dapat meningkatkan produkstivitas kerja. Faktor pendukung ini diantaranya yaitu perancangan sistem/stasiun kerja yang efektif, nyaman, aman, sehat dan efisien (ENASE), pengaturan tata letak tempat dan pembebanan kerja yang seimbang, pelaku sistem kerja yang terampil, lingkungan fisik yang mendukung, dan sebagainya. Ilmu ergonomi,  diantaranya mempelajari manusia beserta perilakunya di dalam suatu sistem kerja. Dengan pendekatan ergonomi mencoba menganalisis dan merancang bagaimana suatu sistem kerja yang baik, yang memperhatikan keterbatasan dan kemampuan manusia. PT. Nikkatsu Electric Work adalah suatu perusahaan swasta nasional yang memproduksi alat-alat listrik. Secara umum operator yang bekerja di bagian packing dalam melakukan aktifitasnya adalah dengan cara duduk menghadap konveyor. Berdasarkan analisis bagian produksi bahwa perlu dilakukan upaya untuk dapat meningkatkan produktivitas kerja di bagian packing. Sesuai dengan moto dalam  Perancangan Sistem Kerja, bahwa ”tidak ada yang terbaik tapi selalu ada yang lebih baik”, maka pada penelitian ini membahas mengenai usulan perbaikan stasiun kerja di bagian packing yang bertujuan untuk memperoleh sistem kerja yang  dapat menghemat waktu proses sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja. Berdasarkan analisis dan perbaikan stasiun kerja bagian packing yang mempertimbangkan prinsip-prinsip ergonomi maka diperoleh sistem kerja dengan produktivitas yang lebih baik daripada kondisi sebelum diperbaiki. Hal ini ditunjukkan dengan waktu penyelesaian produk yang lebih singkat dari pada sebelum diperbaiki.

Dibuat oleh : Yanti Helianty, Caecilia SW, Mita Lianie Astuti  : yanti@itenas.ac.id

Kata kunci : Sistem kerja, ENASE, prinsip ergonomi.

USULAN PERBAIKAN STASIUN KERJA DI BAGIAN PACKING DENGAN MENGGUNAKAN PRINSIP-PRINSIP ERGONOMI ( Studi Kasus di PT. Nikkatsu Electric Work)