Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Rancangan Sistem Pengendalian Persediaan Bahan Baku Multi Item Single Supplier di PT. Pertamina (Persero)

ABSTRAK

PT. Pertamina (Persero) adalah perusahaan yang ditunjuk oleh pemerintah untuk mengurusi pengelola masalah Bahan Bakar Minyak (BBM). Untuk unit pengolahan PT. Pertamina (Persero) memiliki 7 unit, salah satunya adalah unit pengolahan VI (UP-VI) Balongan yang melakukan kegiatan produksi BBM seperti Premium. Untuk memproduksi Premium, bahan baku yang digunakan adalah Crude Oil (minyak mentah) yang berjenis Heavy Crude yang berasal dari Duri dan Light Crude yang berasal dari Minas. Pemasok bahan baku ini adalah CHEVRON.
Bahan baku yang dipesan PT. Pertamina (Persero) khususnya UP-VI Balongan setiap waktu berbeda-beda. Jumlah pemesanan didasarkan pada pola permintaan dari data masa lalu. Pada saat ini PT. Pertamina (Persero) mengalami kesulitan dalam menentukan jumlah pemesanan bahan baku yang dibutuhkan. Selain itu juga waktu kedatangan bahan baku yang dipesan kepada pihak CHEVRON berupa Crude Oil (minyak mentah) Heavy Crude dan Light Crude dapat menjadi kendala, karena pengiriman bahan baku yang dipesan melalui kapal tanker selama 3 hari.
Dari permasalahan tersebut metode pengendalian persediaan bahan baku yang sesuai adalah model persediaan Multi Item Single Supplier. Dengan menggunakan model Multi Item Single Supplier yang dilakukan terhadap data persediaan diperoleh jumlah frekuensi pemesanan optimum dan jumlah sekali pesan dengan kriteria minimisasi total ongkos persediaan.

Dibuat Oleh: Fifi Herni Mustofa, Hendro Prassetiyo, Djauhary Syarief
E-mail: fifi@itenas.ac.id
Kata Kunci: sistem persediaan, multi item, single supplier, minimisasi total ongkos persediaan
Keterangan: Makalah ini dimuat dalam Prosiding “Seminar Nasional Teknoin 2011 ISBN 978-979-96964-8-9“

Rancangan Sistem Pengendalian Persediaan Bahan Baku Multi Item Single Supplier di PT. Pertamina (Persero)