Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Perhitungan Vehicle Operation Cost Guna Kesinambungan Perusahaan: (Studi Kasus Shuttle Service Tujuan Bandung-Bandara Soekarno Hatta)

ABSTRAK

Pembangunan jalan tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang sebagai alternatif rute dari Bandung ke Bandara Soekarno-Hatta telah meningkatkan jumlah operator jasa shuttle service. Makin tingginya persaingan mempunyai implikasi pada persaingan yang bertumpu pada tarif yang ditawarkan kepada calon penumpang. Salah satu komponen penting dari tarif adalah biaya operasional kendaraan (vehicle oepration costs – VOC). Pada penelitian ini dilakukan studi kasus perhitungan VOC dan tarif pada sebuah perusahaan jasa shutle service dari Bandung ke Bandara Soekarno – Hatta. Model penelitian yang digunakan terdiri dari VOC, tarif operator dan tarif aktual yang berlaku di kota Bandung di antara operator shuttle service. Model penelitian yang digunakan berasumsi bahwa tarif operator lebih tinggi dari VOC karena operator atau perusahaan mengambil margin keuntungan.Tetapi, penentuan margin keuntungan ini juga harus mempertimbangkan tarif aktual yang berlaku untuk menjaga daya saing operator yang bersangutan.Pengumpulan data biaya dan tarif operator dilakukan dengan menggunakan data primer, sedangkan tarif aktual dilakukan melalui data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa besarnya VOC adalah Rp. 102,615, sedangkan tarif operator adalah Rp. 110.000. Karena tarif aktual pesaing berada dalam kisaran Rp. 110.000 – Rp. 125.000,maka perusahaan sebenarnya masih mempunyai kesempatan untuk meningkatkan margin keuntungannya.
Dibuat Oleh :  Dwi Novirani
E-mail            : dwi_novirani@yahoo.com
Kata Kunci   : Vehicle Operation Cost, tarif, shuttle service
Keterangan : Makalah ini disampaikan dan dimuat dalam Prosiding Seminar on Application and Research in Industrial Technology, SMART Yogyakarta, 22 Juli 2009

Perhitungan Vehicle Operation Cost Guna Kesinambungan Perusahaan: (Studi Kasus Shuttle Service Tujuan Bandung-Bandara Soekarno Hatta)