Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Fitoremediasi Phospat dengan menggunakan Tumbuhan Eceng Gongok (Eichhornia crassipes) pada Limbah Cair Industri kecil Pencucian Pakaian (Laundry)

ABSTRAK

Peningkatan industri pencucian pakaian dapat menimbulkan pencemaran air yang mengakibatkan eutrofikasi, Hal ini disebabkan oleh fosfat yang merupakan bahan penyusun utama dalam deterjen, sehingga perlu dilakukan alternatif pengolahan dan pengaplikasian yang efektif untuk mengolah limbah ini, salah satunya dengan menggunakan fitoremediasi. Fitoremediasi adalah penggunaan tumbuhan untuk menghilangkan, menstabilkan atau menghancurkan bahan pencemar baik senyawa organik maupun anorganik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan tumbuhan Eceng gondok dalam menurunkan fosfat pada limbah pencucian pakaian dengan 3 perlakuan yaitu kontrol, 3 tumbuhan Eceng gondok, dan 3 tumbuhan Eceng gondok bebas bakteri aktif rhizosfer dengan pengamatan waktu kontak 0, 5, 10, 15, dan 20 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan konsentrasi fosfat oleh Eceng gondok yang paling optimum adalah pada perlakuan 2 dan perlakuan 3 pada hari ke-5 dengan konsentrasi fosfat.

Dibuat oleh  : Cut Ananda Stefhany, Mumu Sutisna , Kancitra Pharmawati
E-mail : cu_t.plezter@yahoo.co.id, kancitra@yahoo.com
Kata kunci : Eceng gondok , Fitoremediasi, fosfat
Keterangan : Karya Ilmiah ini dimuat di “Jurnal Reka Lingkungan Institut Teknologi Nasional Volume 1 No 1. Februari 2013 , ISSN 2337-6228“

Fitoremediasi Phospat dengan menggunakan Tumbuhan Eceng Gongok (Eichhornia crassipes) pada Limbah Cair Industri kecil Pencucian Pakaian (Laundry)