Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Penentuan Jenis dan Dosis Koagulan dalam Mengolah Air Limbah Industri Penyamakan Kulit

ABSTRAK

Industri Penyamakan kulit merupakan industri yang menghasilkan air limbah dengan katagori B3 yang akan berbahaya jika dibuang langsung ke badan air penerima. Maksud penelitian ini adalah mengolah air limbah industri penyamakan kulit dengan metode koagulasi-flokulasi, dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan proses koagulasi-flokulasi serta penentuan jenis dan dosis koagulan optimum dalam penyisihan parameter pencemar air limbah industri penyamakan kulit. Limbah berasal dari industri penyamakan kulit di Sukaregang, Kabupaten Garut, Jawa Barat yang telah mencemari lingkungan sejak tahun 1920 khususnya di badan air sungai Ciwalen. Parameter pencemar yang dihasilkan industri penyamakan kulit antara lain Krom total (Cr), Total Suspended Solid (TSS), Amoniak, Chemical Oxygen Demand (COD) dan Biochemical Oxygen Demands (BOD5). Penelitian dilakukan menggunakan proses koagulasi-flokulasi sistem Batch menggunakan alat Jar Test di Laboratorium Jurusan Teknik Lingkungan Itenas. Koagulan yang digunakan yaitu:
Alumunium sulfat (Al2(SO4)3 .14H2O), Poly Aluminium Chloride (PAC), dan Besi (III) Clrorida (FeCl3.) Ketiga koagulan tersebut diberi perlakuan pada 5 (lima) konsentrasi yang berbeda yaitu:1.200,1.500,3.000,6.000,12.000 ppm dengan tiga kali pengulangan. Hasil penelitian menunjukkan efisiensi penyisihan parameter TSS, BOD5, COD, Krom total menggunakan koagulan Alumunium Sulfat berturut-turut adalah: 97,19%, 95,08%, 64,07%, 50,922%, efisiensi penyisihan menggunakan koagulan PAC berturut-turut adalah:99,56%, 98,17%, 91,02%, 90,06%, dan efisiensi
penyisihan menggunakan koagulan FeCl3 berturut-turut adalah: 99,31%, 93,84%, 81,98%, 43,61% dengan konsentrasi optimum untuk masing-masing koagulan adalah 3.000 ppm. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa koagulan PAC mempunyai efisiensi penyisihan terbesar dibanding koagulan Alumunium Sulfat dan FeCl3 dalam mengolah air limbah industri penhyamakan kulit.

Dibuat Oleh : Eka Wardhani, Mila Dirgawati, Dadan Fikriansyah Astadipura
E-mail            : ekw_wardhani@yahoo.com
Kata Kunci   : Air limbah Industri penyamakan kulit, koagulasi-Flokulasi, Alumunium sulfat, PAC,
Feri Clrorida,

Penentuan Jenis dan Dosis Koagulan dalam Mengolah Air Limbah Industri Penyamakan Kulit