Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Peningkatan Kualitas Minyak Sereh Wangi dengan Distilasi Kukus

ABSTRAK

Minyak sereh wangi mengandung senyawa sitronelal dan geraniol yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan yang memiliki nilai yang tinggi. Syarat kadar sitronelal minyak sereh wangi mutu ekspor adalah minimal 35%. Kadar sitronelal minyak sereh wangi hasil penyulingan biasanya di bawah standar ekspor.
Penelitian ini mempelajari operasi distilasi kukus dalam kolom berunggun raschic ring dengan skala laboratorium untuk meningkatkan kadar sitronelal. Minyak sereh wangi pada awalnya memiliki kadar sitronelal 30,62%-massa. Variabel yang diamati yaitu laju alir umpan, laju alir kukus, dan tinggi unggun. Hasil penelitian ini menunjukkan kecenderungan bahwa kadar sitronelal meningkat dengan peningkatan laju alir kukus dan tinggi unggun, Kadar tertinggi sitronelal hasil redistilasi dalam ruang lingkup percobaan adalah 46,98%-massa. NTOL berkisar antara 0,11-2,24. HTOL berkisar antara O,11-1,37m dm Kxa berkisar antara 2,26.10-2,78.10 Kmol/m3.s.

Dibuat oleh : Dyah Setyo Pertiwi, Agus Gunawan, Avicenna JM dsp@itenas.ac.id
Kata kunci : kualitas, minyak sereh wangi, distilasi kukus, sitronelal
Keterangan : Karya ilmiah ini dimuat pada prosiding Seminar Nasional Teknologi Proses Kimia V UI Jakarta (ISSN: 1410-9891) Prodi TK UI Jakarta, 26 Maret 2003

Peningkatan Kualitas Minyak Sereh Wangi dengan Distilasi Kukus