Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Pavement Condition Index (PCI) Runway Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta

ABSTRAK

Salah satu metode yang digunakan untuk mengetahui kondisi perkerasan landas pacu (runway) bandara yaitu dengan penilaian ??? (Pavement Condition Index). Nilai ??? memiliki 3 parameter, yaitu tipe kerusakan, tingkat keparahan kerusakan, dan jumlah atau kerapatan kerusakan. Dalam penelitian ini Penilaian ??? dilakukan di runway (perkerasan lentur) Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta dengan luas 3000 m x 45 m. ??? ini dianalisis dengan menggunakan metode ASTM D 5340-12 (Standard Test Method For Airport Pavement Condition Index Surveys) dengan sampel 10% dari semua total luas sampel. Dari hasil penelitian didapat bahwa terdapat 3 nilai ??? yang berbeda yang menunjukan adanya penurunan kondisi perkerasan, yaitu ??? kondisi eksisting (sebelum perbaikan) adalah 69 (Fair/Sedang), ??? kondisi “do something” (setelah dilakukan perbaikan) adalah 65 (Fair/Sedang), dan ??? kondisi “do nothing” (jika tidak dilakukan perbaikan dan terjadi/bertambah kerusakan alur pada jalur roda pesawat) adalah 59 (Fair/Sedang). Hasil tersebut menunjukkan bahwa penurunan ??? runway jika dilakukan perbaikan memiliki nilai lebih kecil daripada jika runway tidak dilakukan perbaikan.

Dibuat Oleh : BARKAH WAHYU WIDIANTO

Kata kunci : ??? , ASTM D5340-12, perkerasan lentur

Alamat e-mail : barkah@itenas.ac.id

Keterangan : Karya Ilmiah ini dimuat pada  Jurnal  Reka Racana  Jurusan Teknik Sipil  Itenas  No. 1  Vol. 3,   Maret 2017

Pavement Condition Index (PCI) Runway Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta