Pre-launching Peta Mudik 2017

Dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi jalur mudik 2017, Badan Informasi Geospasial (BIG), melalui Pusat Pemetaan Tata Ruang dan atlas bekerjasama dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, dan Institut Teknologi Nasional (Itenas), akan me-release Peta Jalur Mudik versi Offline (Cetak). Peta mudik ini berbasis informasi geospasial yang akurat, terbaru dan informasinya dapat dipertanggung jawabkan terkait posisi dan lokasi geografis objek sepanjang jalur mudik di Pulau Jawa. Rencananya Peta Mudik ini akan disebarluaskan kepada masyarakat H-10 sebelum Hari Raya Idul Fitri baik secara langsung ataupun melalui situs di BIG, Itenas dan Polri. Peta Jalur Mudik versi cetak ini dapat digunakan oleh semua kalangan, terutama pemudik dengan kendaraan pribadi, sehingga masyarakat mendapatkan informasi jalur mana yang dapat dilalui, termasuk informasi jalur tol baru yang akan dibuka pada saat lebaran, informasi rawan bencana, rawan kecelakaan dan fasilitas umum seperti Pom Bensin, ATM,  Rumah Sakit dsb yang terdapat di sepanjang jalan yang dilalui pemudik. Peta disusun dari berbagai sumber, yaitu Peta dasar RBI dari BIG, peta rawan bencana dari BIG dan BNPB, Informasi jalan tol dari Kementerian PU-PERA. Peta ini sudah pula dilakukan validasi lapangan oleh tim BIG dan Itenas. Validasi dilakukan terutama pada jalur utara, baik tol dan non tol, jalur tengah dan jalur selatan Pulau Jawa, hal ini mengingat jalur-jalur tersebut merupakan jalur yang sering dilalui pemudik. Untuk wilayah yang sering terjadi rawan kemacetan, dibuatkan informasi khusus yang lebih detil misalnya tol ujung Pelabuhan Merak, Pejagan – Semarang, Semarang – Bawen, Semarang Kertosono, Suramadu – Surabaya – Sidoarjo dan jalur non tol yaitu jalan alternative Bandung – Tasik via Limbangan dan via Garut – Singaparna serta jalur Lumbir – Sumpiuh. Bersamaan dengan Peta Mudik versi cetak versi online sedang disiapkan pula.

Rencana kedepan BIG bersama Itenas akan membantu polri dalam menyiapkan basis data informasi geospasial transportasi yang baik untuk wilayah seluruh Indonesia, sehingga pelayanan kepada masyarakat terkait informasi jalur mudik dapat disiapkan lebih baik. Peta Mudik ini merupakan salah satu bentuk komitmen BIG dalam melayani masyarakat terkait penyediaan informasi spasial yang akurat dan terbaru. Semoga masyarakat terlayani dengan baik, selamat sampai tujuan dan sekembalinya dari mudik dapat beraktifitas kembali. (DKS)


Hit Counter provided by costa mesa dentist
Visit Us On FacebookCheck Our FeedVisit Us On Instagram
  1. Perpustakaan hanya melayani civitas akademika Itenas & umum [mengikuti kebijakan yang berlaku di Perpustakaan Itenas].
  2. Bagi pengunjung perpustakaan diwajibkan mengisi “Counter Pengunjung”.
  3. Simpanlah tas, jaket di dalam loker yang tersedia.
  4. Tidak menyimpan barang berharga di dalam loker.
  5. Tidak diperkenankan meminjam buku dengan menggunakan kartu anggota mahasiswa lain.
  6. Tidak diperbolehkan merokok, main kartu, dan membawa makanan atau minuman kedalam ruang perpustakaan.
  7. Tidak diperbolehkan membawa scanner pribadi ke dalam perpustakaan.
  8. Penyobekan buku atau pencurian barang-barang milik perpustakaan dengan sengaja akan dikenakan sanksi akademik.
  9. Jam layanan perpustakaan:
    Senin s.d. Kamis              : Pk. 08.15 - 16.15 WIB
    Jum’at                                : Pk. 08.15 (kecuali saat "Jumat Bersih"
    .................................................buka mulai Pkl. 09.15 WIB) - 11.00 WIB....
    ...............................................: Pk. 13.30 - 16.15 WIB

PERATURAN PEMINJAMAN BUKU

  1. Jumlah buku yang dapat dipinjam maks. 3 (tiga) buku dengan periode peminjaman selama 7 (tujuh) hari.
  2. Perpanjangan periode peminjaman buku hanya dapat dilakukan 2 (dua) kali.
  3. Keterlambatan pengembalian buku dikenakan denda.
  4. Apabila terjadi kehilangan buku, peminjam harus mengganti dengan buku yang sesuai.
  5. UPT Perpustakaan secara berkala setiap 1 (satu) bulan sekali akan mengumumkan ke setiap jurusan, mahasiswa yang terlambat mengembalikan buku, dan kepada mahasiswa tersebut juga akan dikirim e-mail/SMS perihal keterlambatan.
  6. Apabila terhitung 3 (tiga) bulan semenjak surat pengumumam ternyata buku yang dipinjam belum juga dikembalikan, maka UPT Perpustakaan akan mengirim surat ke BAA, agar mahasiswa yang belum mengembalikan buku yang dipinjam tidak diperkenankan mengikuti perwalian pada musim perwalian terdekat.