Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Penelitian Eksperimental Alat Penghemat Bahan Bakar Elektolisa Air Pada Mesin Sepeda Motor

ABSTRAK

Dalam rangka penghematan bahan bakar bensin pada sepeda motor, pada penelitian ini dilakukan uji experimental mengenai alat penghemat bahan bakar elektrolisa air. Prototip alat ini dibuat dan diuji pada mesin sepeda motor dalam kondisi tanpa beban. Komponen utama alat elektroliser ini adalah tabung elektroliser berkapasitas 1 liter, tabung water trap untuk menangkap uap air, elektroda dari kawat stainless steel dan larutan elektrolit. Katalisator yang digunakan dalam larutan elektrolit adalah natrium bikarbonat (soda kue) murni. Pengujian dilakukan dengan beberapa variasi campuran soda kue, yaitu 0, 4, 7, 10 dan 13 gr per 1 liter air murni. Hal ini dilakukan untuk melihat pengaruh dari banyaknya campuran soda kue dalam elektrolit terhadap penghematan bahan bakar. Dari hasil eksperimen terlihat adanya penghematan bahan bakar bensin jika menggunakan alat elektrolisa ini. Besarnya penghematan tergantung kadar campuran soda kue sebagai katalisator pada proses elektrolisa. Namun accu yang digunakan mengalami tekort, karena arus yang digunakan untuk proses elektrolisa lebih banyak dibandingkan dengan pengisian kembali accu dari mesin sepeda motor, sehingga untuk pengoperasian mesin sepeda motor dalam waktu yang lama menyebabkan accu habis.

Dibuat oleh : Mohammad Alexin Putra, Okky Priambodo Rahardjo, Deni Ramdani, dan Liman Hartawan (putra@itenas.ac.id, liman@itenas.ac.id)

Kata Kunci : elektrolisa, penghematan BBM, mesin sepeda motor

Keterangan :  Disampaikan  pada Seminar Nasional – IX Rekayasa dan Aplikasi Teknik Mesin di Industri Kampus ITENAS – Bandung, 9-10 November 2010

Penelitian Eksperimental Alat Penghemat Bahan Bakar Elektolisa Air Pada Mesin Sepeda Motor