Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

PENGARUH PENAMBAHAN ASBUTON PADA PENUAAN CAMPURAN BERASPAL

ABSTRAK

Kinerja struktur perkerasan jalan yang merupakan suatu struktur yang tidak terlindung sangat dipengaruhi oleh kondisi klimatik lokasi dimana jalan tersebut dibangun. Kondisi klimatik ini memberikan pengaruh jangka panjang tidak saja pada kinerja struktur perkerasan jalan tetapi juga pada respon struktur perkerasan tersebut terhadap beban karena kondisi klimatik sangat menentukan kecepatan penuaan aspal. Penuaan aspal adalah suatu parameter yang baik untuk mengetahui durabilitas campuran beraspal. Penuaan ini menyebabkan terjadinya pengerasan pada aspal dan selanjutnya akan meningkatkan kekakuan campuran beraspal dan akhirnya akan mempengaruhi kinerja campuran tersebut. Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan asbuton pada penuaan campuran beraspal pada iklim tropis Indonesia. Untuk mencapai tujuan tersebut, dua jenis campuran, campuran yang mengandung dan yang tidak mengandung asbuton, dikondisikan  erhadap pengaruh lingkungan dengan cara mengeksposnya secara langsung di udara terbuka selama 0, 1, 2, 3, 6, dan 15 bulan. Uji laboratorium pada modulus kekakuan dilakukan pada ke dua jenis campuran yang sudah dikondisikan tersebut. Selain itu, dilakukan juga pengamatan lapangan pada kinerja ke dua jenis campuran tersebut di lapangan.

Dibuat oleh : Dr. Ir. H. R. Anwar Yamin, MSc. , Dr. Ir. Imam Aschuri, MSc. (anwaryamin@yahoo.com,  aschuri@itenas.ac.id)

Kata Kunci : Asbuton, Penuaan, Pengaruh klimatik, Modulus Kekakuan

Keterangan :  Makalah ini disampaikan  dan di muat pada  Simposium XI FSTPT, Universitas Diponegoro Semarang, 29 & 30 Oktober 2008  ISBN: 979-95721-2-12

PENGARUH PENAMBAHAN ASBUTON PADA PENUAAN CAMPURAN BERASPAL