Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Pergeseran Kaidah-kaidah Estetik pada Proyek Renovasi Bangunan yang Memiliki Nilai Sejarah (Studi Kasus : Proyek Renovasi Bangunan-bangunan Art Deco di Kota Bandung)

ABSTRAK

Alih fungsi pada bangunan-bangunan bersejarah banyak terjadi di beberapa kota besar di Indonesia, termasuk Kota Besar seperti Bandung yang memiliki beraneka ragam bangunan bersejarah dengan tema-tema Art Deco. Bangunan-bangunan tersebut bukan saja unik tetapi juga menempati lokasi yang strategis dalam lingkup ruang perkotaan. Keuntungan ini telah mendorong pihak-pihak yang memiliki visi bisnis dan modal kuat untuk memanfaatkan bangunan-bangunan tersebut. Selain untuk kantor, beberapa bangunan berubah fungsi menjadi bangunan komersial seperti restoran, toko hingga tempat-tempat hiburan lainnya.Sangat disayangkan, perubahan pada fungsi dan efisiensi tersebut tidak diikuti dengan pemahaman yang baik oleh pengelola bangunan yang mengambil alih bangunan tersebut. Ketidaktahuan akan hal ini menyebabkan penurunan kualitas estetik pada bangunanbangunan yang telah berubah fungsi tadi. Studi yang mendalam tentang hubungan interior dan eksterior bangunan bergaya Art Deco tidak akan lepas dari hubungan elemen luar dan dalam bangunan. Interior dengan langgam Art Deco akan mengikuti kaidah-kaidah estetik yang ada pada komponen ruang ;lay-out, furniture, material, warna dan detail pada langgam tersebut.

Dibuat oleh : Saryanto, S.Sn, MT.
Kata kunci   : Art Deco, Bandung, Alih Fungsi, Kaidah Estetik

Pergeseran Kaidah-kaidah Estetik pada Proyek Renovasi Bangunan yang Memiliki Nilai Sejarah (Studi Kasus : Proyek Renovasi Bangunan-bangunan Art Deco di Kota Bandung)