Karya Tulis Ilmiah

Institut Teknologi Nasional - Bandung

Analisis Kinerja Distilasi untuk Pemurnian Minyak Nilam yang Terkontaminasi

ABSTRAK

Minyak nilam termasuk salah satu jenis dari minyak atsiri yang diproduksi di Indonesia.
Kebutuhan dunia akan minyak nilam +- 75% berasal dari Indonesia. Minyak nilam digunakan
sebagai bahan  baku  dalam industri parfum, kosmetik dan lain-lain.
Sebagai komoditi ekspor minynk nilam harus memenuhi persyaratan mutu, namun dalam
perdagangan  sering terjadi beberupa kecurangan  antara lain memalsukan; minyak nilam tersebut dengan  cara mencampurkannya  dengnn minyak atsiri lainnya yang harganya lehih murah atau ditambahkan dengun hahan-hahan kontaminan lainnya yang sifat fisiknya  mirip dengan miyak nilam.  Pertambahan bahan asing dapat menyebabkan minynk nilam tidak lagi memenuhi persyaratan mutu  sehingga menjadi tidak laku dijual atau harganya murah. Pemurnian minyak nilam yang terkontaminasi perlu dilakukan untuk mengemhalikan mutu  yang memenuhi persyaratan.
Telah dilakukan penelitian pemurnian minyak nilam yang  terkontaminasi dengan operasi distilasi. Kontaminan sintetis yang digunakan adalah minyak tanah dan minyak goreng. Percobaan dilaksanakan dengan variabel percobaan jenis operasi distilasi, yaitu distilasi air dan distilasi kukus serta kadar kontaminan. Kinerja  operasi distilasi diukur berdasarkan parameter baku mutu SNI 06-2385-1991 dan kadar patchouly alcohol hasil pemurnian.
Data percobaan menunjukan bahwa produk pemurnian  berada dalam rentang baku mutu, bahkan kualitas lebih  baik dibondingkan kualitas minyak nilam awal adalam hal kadar patchouly  alkohol dan bilangan ester. Kineja distilasi kukus lebih  baik dibandingkan dengan distilasi air dalam memurnikan minyak nilam dengan jumlah kontaminan yang sama, berdasarkan  nilai kelarutan, indeks bias dan putaran optik. Distilasi air menurunkan kadar patchouly alcohol sedangkan distilasi kukus sebaliknya. Pengaruh  kadar kontaminan terhadap kinerja distilasi kukus dun air tampak pada parameter pufaran optik dan kadar patchouly alcohol sedangkan parameter lain tidak menunjukkan kecenderunqan.

 
Dibuat oleh : Dyah Setyo Pertiwi

Alamat e-mail: dsp@itenas.ac.id
Kata kunci :   minyak nilam, terkontaminasi, pemurnian, distilasi
Keterangan : Karya ilmiah ini merupakan Laporan Penelitian, 2003

Analisis Kinerja Distilasi untuk Pemurnian Minyak Nilam yang Terkontaminasi